Mengenal Budaya Onsen Jepang

Ditulis oleh: Administrator, 27-09-2019

      Jika berbicara tentang budaya Jepang, tentu Onsen atau hot spring merupakan salah satu hal yang akan teringat dalam pikiran kita. Onsen atau hot spring sejatinya adalah pemandian air panas yang airnya merupakan air panas alami dari pegunungan. Mungkin sejenak kita akan berpikir, “lalu apa bedanya dengan pemandian air panas yang ada di Indonesia?”. Onsen memiliki tata cara khusus yang berbeda dengan pemandian air panas di Indonesia. Bila di Indonesia, kita masuk pemandian masih dalam keadaan memakai baju, maka di Jepang tidak diperbolehkan seperti itu. Sebelum masuk ke dalam Onsen, dianjurkan untuk meminum air putih terlebih dahulu, karena saat masuk kolam air panas cairan dalam tubuh kita akan keluar. Setelah minum air putih, kita harus melepas semua pakaian dan menaruhnya di loker yang telah disediakan. Setelah itu baru kita boleh memasuki area pemandian. Akan tetapi, sebelum masuk ke kolam air panas, terlebih dahulu harus mandi atau membersihkan tubuh dengan sabun dan shower. Hal ini dikarenakan kolam dipergunakan oleh banyak orang, maka semua yang masuk kolam badannya harus bersih.

      Onsen dikenal memiliki manfaat bagi kesehatan. Dengan berendam di onsen, maka tubuh merasa rileks dan rasa sakit ataupun lelah dapat hilang. Selain itu, karena merupakan air alami dari pegunungan, onsen juga memiliki khasiat yang bagus untuk mempercantik kulit tubuh. Namun, meskipun memiliki banyak manfaat, jangan lama-lama berendam di dalam onsen ya. Standarnya, orang Jepang berendam di onsen selama 15-20 menit. Jika lebih dari itu, tubuh bisa mengalami dehidrasi.

      Biasanya Onsen di Jepang menjadi satu dengan ryokan (penginapan ala Jepang). Sehingga untuk menikmati Onsen, kita harus menginap di ryokan tersebut. Akan tetapi, ada pula Higaeri Onsen, yaitu Onsen yang tidak bergabung dengan penginapan. Jadi kita bisa menikmati onsen saja tanpa harus menginap.

Untuk Informasi mengenai sekolah, beasiswa, bekerja, dan wisata ke Jepang dapat menghubungi kami melalui website https://mislanguageschool.co.id/

Sumber foto: https://theupsider.com.au/japan-onsen-guide/8661