OMAKASE ( PENYAJIAN MAKANAN SESUKA HATI SANG KOKI)

Ditulis oleh: Administrator, 04-10-2019

              Jepang terkenal dengan cara penyajian makanan yang unik, seperti wagashi , jajanan tradisional Jepang yang dibentuk secantik mungkin. Pengolahan makanan mentah yang dengan teknik tertentu sehingga menjadi lezat seperti sashimi. Penyajian makanan di Jepang yang unik dan tidak umum  menjadikan masakan Jepang, terkenal di mata dunia. Salah satunya adalah penyajian makanan sesuai keinginan sang koki atau yang disebut dengan Omakase.

              Sebenarnya apa sih Omakase ini ? Omakase adalah salah satu cara memesan hidangan di Sushi bar di luar menu resmi yang tertera di buku menu. Jadi kalau mau pesan omakase, kita tidak akan disediakan pilihan menu.

              Uniknya lagi, sesuai dengan arti terjemahannya, Omakase berarti “dipercayakan”, yang artinya kita memberikan kebebasan pada Chef nya untuk ber kreasi me ramu bahan-bahan yang tersedia, menciptakan hidangan Omakase yang istimewa. Oleh sebab itu jangan kaget dengan kejutan rasa yang berbeda-beda disetiap menu yang dihidangkan.

              Omakase, bisa dibilang cara penyajian makanan yang eksklusif, sehingga tak semua restoran menyajikan menu secara Omakase. Tentunya yang menjadi salah satu ciri khas dan keunikan dari restoran bersistem Omakase adalah para pengunjung akan duduk dekat dengan koki yang sedang menyiapkan hidangan, anda bisa melihat bagaimana koki tersebut memproses makanan untuk anda.

               Karena dekat dengan koki tentu sistem Omakase akan membawa anda berinteraksi sangat sering dengan sang koki, usahakan gunakan bahasa yang digunakan oleh si koki karena tidak semua koki diwajibkan untuk bisa berbahasa anda dan tentunya koki-koki di Jepang.

              Karena akan adanya sebuah interaksi antara koki dan juga pengunjung maka diharapkan para pengunjung bisa menjaga sikap dan tidak melakukan hal-hal yang membuat koki dirugikan, misalnya seperti memotret sebuah makanan yang dihidangkan itu boleh saja namun sebaiknya janganlah memotret sangat koki terlalu sering, apalagi bila anda hanya memotret koki tersebut bukan makanannya. Biasanya sang koki juga dengan ramah menjelaskan tentang masakan-masakan yang dibuatnya, anda bisa juga bertanya-tanya namun sebaiknya hanya seputar makanan saja jangan sampai hal-hal pribadi.

              Restoran sistem omakase sangat tidak dianjurkan untuk pemilik program diet, kenapa?? karena alasannya anda tentu tidak akan tahu apa saja yang akan dimakan karena ditentukan sendiri oleh sang koki serta porsinya juga, sehingga bila anda diet sebaiknya mencari restoran lain daripada membuang makanan secara sia-sia nantinya.

              Di akhir makan, restoran tersebut akan menyajikan anda dengan sebuah tagihan dengan total yang tidak terperinci. Isinya merupakan sebuah tulisan kecil dengan harga tertentu. Dalam banyak restoran sebuah minuman juga tidak akan diperinci berapa biayanya. Aturan ini memang telah ditetapkan untuk restoran berbasis Omakase sejak dahulu, porsi makan anda yang menjadi takaran biaya dalam restoran ini. Omakase merupakan sebuah restoran bagi para pengunjung yang mengharapkan makanan enak dan tidak peduli soal biaya oleh karena itu bila anda khawatir soal biaya sebaiknya jangan mengunjungi restoran ini, tetapi bila ingin mencoba restoran Omakase memang akan memberikan anda pengalaman kuliner Jepang yang tak terlupakan.

Untuk Informasi mengenai sekolah, beasiswa, bekerja, dan wisata ke Jepang dapat menghubungi kami melalui website https://mislanguageschool.co.id/

Sumber gambar : Jimoto Dining ( https://www.citynomads.com/restaurant-review-jimoto-dining-is-joo-chiats-new-japanese-omakase-restaurant-singapore/)

Sumber              : https://www.artforia.com/tradisi-omakase-dalam-kuliner-jepang/

                             https://www.japan-talk.com/jt/new/omakase