Hal yang Perlu Dihindari dalam Menggunakan Sumpit

Ditulis oleh: Administrator, 12-10-2019

           Jepang dikenal sebagai negara yang sangat menjunjung tinggi tata krama dan sopan santun. Tak terkecuali saat akan menyiapkan maupun menyantap makanan.  Saat berkunjung ke Negeri Matahari Terbit, jangan heran bila kamu menemukan banyaknya aturan yang harus dipatuhi saat menyantap makanan. Mulai dari tata cara menggunakan sumpit hingga mengunjungi restoran. Banyaknya tata cara makan di Jepang ini, merupakan bentuk penghargaan serta menjaga kesopanan terhadap orang lain.

           Dibawah ini merupakan beberapa hal tabu pada saat makan menggunakan sumpit.

1. Sashi Bashi

           Sashi Bashi adalahmenusuk makanan dengan sumpit. Bagi orang yang tidak terbiasa menggunakan sumpit, mengambil makanan akan sangat susah sehingga biasanya mereka akan menusuk makanannya. Namun hal ini merupakan hal yang tidak baik di Jepang dan perlu dihindari.

2. Hotoke Bashi

           Hotoke Bashi atau Tate Bashi adalahmenancapkan sumpit diatas mangkok berisi nasi atau makanan.Hal ini dianggap kurang baik karena menyerupai dupa pada saat upacara kematian.

3. Yose Bashi

           Yose Bashi adalah menggeser piring dengan sumpit. Biasanya untuk mendekatkan piring yang jauh, beberapa wisatawan menggunakan sumpit untuk mendekatkannya. Namun, hal ini merupakan hal yang harus dihindari saat makan di Jepang

4. Mayoi Bashi

           Mayoi Bashi adalah memilih-milih makanan dengan sumpit. Hindari melayang-layangkan makanan pada saat hendak mengambil makanan.

5. Saguri Bashi

           Saguri Bashi adalah mengaduk makanan menggunakan sumpit. Saat memilih makanan yang hendak disantap, tidak hanya melayang-layangkan sumpit yang merupakan hal tabu, namun mengaduk isi mangkuk untuk mencari makanan yang diinginkan merupakan hal buruk bagi masyarakat Jepang.

6. Neburi Bashi

           Neburi Bashi adalah menjilat ujung sumpit. Ketika ada makanan yang menempel pada sumpit, usahakan jangan menjilati ujung sumpit, namun ambillah dengan cara memakan makanan tersebut seperti biasa.

7. Kuwae Bashi

           Kuwae Bashi adalah memegang sumpit dengan mulut. Jangan menahan sumpit terlalu lama didalam mulut.

8. Furi Bashi

           Furi Bashi adalah menggoyang-goyangkan sumpit ketika makan. Makan dengan mengobrol merupakan hal yang tidak baik, apalagi ditambah dengan menggoyang-goyangkan sumpit hingga menunjuk sesuatu dengan sumpit.

9. Kaki Bashi

           Kaki Bashi adalah menempelkan alat makan di mulut dan memasukkan makanan kedalam mulut.

 Setelah mengetahui beberapa hal yang tidak baik dalam penggunaan sumpit, mari perhatikan cara dan etika menggunakan sumpit di Jepang

Untuk Informasi mengenai sekolah, beasiswa, bekerja, dan wisata ke Jepang dapat menghubungi kami melalui website https://mislanguageschool.co.id/

Sumber : https://www.japan-talk.com/jt/new/10-golden-rules-for-japanese-chopstick-manners

Sumber Gambar : http://7-themes.com/6791380-free-chopsticks-wallpaper.html