POKEMON : Hobi yang Menjadi Suatu Fenomena

Ditulis oleh: Administrator, 21-11-2019

        Apakah kalian mengenal pokemon? Pokemon (ポケモン) adalah salah satu waralaba media  yang diciptakan oleh Satoshi Tajiri pada tahun 1995, dan dimiliki oleh perusahaan permainan video Nintendo. Pokemon adalah singkatan dari "Pocket Monster". Waralaba ini berawal dari majalah game "Game Freak" yang terbit pada 1980-an di Jepang, dengan penulis Satoshi Tajiri dan ilustrator Ken Sugimori. Mereka kemudian menyadari bahwa permainan pada saat itu tidaklah menarik lagi dan memutuskan untuk mengembangkan game mereka sendiri.

        Pokemon di kembangkan oleh perusahaan The Pokemon Company(株式会社ポケモン), perusahaan yang didirikan melalui investasi bersama oleh tiga pemegang saham utama atas hak ciptanya yaitu: Nintendo, Game Freak, dan Creatures. perusahaan tersebut mulai beroprasi pada 1998 dengan markas besar yang berada di Roppongi, Minato, Tokyo.

         Pada 26 Februari 1996, bentuk kedua dari waralaba Pokemon dalam bentuk Game Boy diterbitkan. Inti dari permainan ini adalah Pocket Monster (Pokemon) : Merah (Red) dan Hijau (Green) yang merupakan dasar dari permainan role-playing di Jepang. Pada permainan ini, kita akan diajak untuk merasakan berkeliling dunia mengumpulkan monster-monster kecil yang tersebar di berbagai tempat. dan melatih monster tersebut dalam melakukan pertemputan dengan pokemon lainnya. Hal ini terinspirasi dari kisah masa kecil Tajiri yang gemar berkeliling untuk mengoleksi serangga.

         Pokemon Biru (Blue), yang merupkan edisi spesial kemudian dirilis menyusul kesuksesan dari Pokemon Red dan Green. Sebuah majalah berjudul "CoroCoro Comics" memegang peran penting dalam sejarah Pokemon. Bahkan hingga saat ini, majalah ini masih terus memberikan informasi mengenai Pokemon baru dalam game terakhir yang dirilis. Pokemon juga terus mengembangkan karakternya. Sampai saat ini, terdapat jenis Pokemon Gold, Silver, Ruby dan Sapphire.   

      Salah satu edisi spesial lainnya adalah Pokemon Kuning (Yellow) dengan spesies terkenal yang biasa disebut dengan Pikachu. Pokemon ini melatarbelakangi pembuatan anime yang tayang pada saat yang sama. Bila pokemon lainnya akan masuk kedalam Poke Balls setelah ditangkap, Pikachu akan menolak untuk tetap didalam Poke Balls dan akan mengikuti kemana-mana, sama seperti Pikachu milik Ash Ketchum yang ada dalam anime.

     Ketchum adalah nama karakter utama dalam anime.  Yang menarik, nama Ketchum dalam versi Jepang dari anime adalah Satoshi, pencipta tokoh Pokemon itu sendiri. Kepopuleran Pokemon Yellow dan anime menjadikan Pikachu sebagai karakter yang sangat dikenal dan dicintai. Dalam beberapa tahun, pokemon yang tadinya hanya sekedar permainan dan hobi, menjadi suatu fenomena di seluruh dunia.

Untuk Informasi mengenai sekolah, beasiswa, bekerja, dan wisata ke Jepang dapat menghubungi kami melalui website https://mislanguageschool.co.id/

Sumber :

A brief history of Pokémon - Livemint : https://www.livemint.com/Sundayapp/Z7zHxltyWtFNzcoXPZAbjI/A-brief-history-of-Pokmon.html