Rekomendasi Bacaan Menarik tentang Jepang Bagi Kalian para Pecinta Buku

Ditulis oleh: Administrator, 22-11-2019

          Bagi kalian para pecinta budaya Jepang, dan tentunya sangat suka membaca buku, sebelum kalian mungkin akan pergi ke Jepang, atau akan hidup di Jepang, atau mungkin bagi kalian yang sudah tinggal di Jepang tapi belum menemukan buku tentang Jepang, kalian mungkin perlu membaca beberapa rekomendasi buku-buku yang ditulis oleh penulis-penulis terkenal Jepang ini, karena buku-buku ini sudah merambah ke dunia internasional, sehingga buku-buku tersebut tersedia dalam bahasa Jepang dan bahasa Inggris. Hal tersebut akan memudahkan bagi kalian yang tidak mengerti atau belum mahir dengan bahasa Jepang. Berikut adalah beberapa rekomendasinya!

1. Moshi-Moshi, ditulis oleh Banana Yoshimoto

          Moshi-Moshi adalah sebuah novel dari penulis Banana Yoshimoto yang paling banyak diterjemahkan ke berbagai bahasa, salah satunya bahasa Inggris. Novel ini bercerita tentang sebuah kehilangan, keluarga, komunitas, dan dibumbui dengan beberapa deskripsi makanan-makanan Jepang. Dengan tookh Yoshie, seorang gadi berusia 20-an yang ayahnya, seorang musisi, meninggal karena entah pembunuhan atau bunuh diri yang disebabkan oleh orang asing. Mencoba menjauhkan diri dari tragedy itu, Yoshie dan ibunya pindah ke sebuah apartemen kecil di Shimokitazawa. Namun, masa lalu Yoshie tidak mudah dilupakan dan menghantuinya saat ia mencoba membangun kehidupan baru di Tokyo.

2. Ikigai, ditulis oleh Yukari Mitsuhashi

          Apabila kalian mencari buku yang inspirasional pada tahun baru ini, maka buku pendek dan inspireatif ini mungkin bisa kalian coba untuk baca. Ikigai adalah konsep tradisional Jepang yang mewujudkan kebahagiaan dalam hidup. Pada dasarnya, ikigai adalah apa alasan kita bangun di pagi hari. Buku ini adalah tentang bagaimana cara untuk menemukan ikigai kita, mengidentifikasi tujuan atau hasrat kita, dan menggunakan pengetahuan tersebut untuk mencapai kebahagiaan yang lebih baik dalam hidup. Ikigai tidak harus berupa sebuah ambisi besar atau tujuan hidup yang sangat suci dan mulia, karena ikigai bisa saja adalah sesuatu yang sangat sederhana dan kita nikmati untuk dalam kehidupan sehari-hari, seperti membersihkan rumah, merawat bunga, atau mungkin berjalan-jalan dengan hewan peliharaan kita setiap sore.

3. The Life-Changing Magic of Tidying Up, ditulis oleh Marie Kondo

          Lahir di Tokyo, Marie Kondo merupakan penulis sukses internasional dalam bidang seni merapikan dan menyempurnakan seni organisasi desainer. Dengan pertunjukan baronya yang ditayangkan oleh Netflix, semakin banyak orang yang tartarik dengan konsep-konsep merapikan atau mengorganisasikan barang oleh Marie Kondo.

          Dengan menggunakan metode “KonMari” yang diciptakannya, yang sebagian besar diilhami oleh filosofi tradisional Jepang, ia mendorong pembaca untuk membersihkan atau merapikan kekacauan melalui kegembiraan. Dengan hanya menyimpan hal-hal yang memberi kita kebahagiaan, kita dapat menikmati ruangan minimalis yang terorganisir, membuat kita nyaman dan memiliki kepuasan tersendiri.

4. I am a Cat, ditulis oleh Soseki Natsume

          Bagi kalian para pecinta sastra Jepang, kalian mungkin ingin mencoba novel sastra yang satu ini. Novel ini ditulis oleh Soseki Natsume menggunakan sudut pandang seolah-olah dari seekor kucing. Novel ini awalnya diterbitkan sebagai cerita pendek antara tahun 1905 dan 1906, mengikuti cerita seekor anak kucing yang kesepian dan tidak diinginkan yang berkeliaran mengamati masyarakat dan sifat manusia. Anak kucing tersebut mengamati setiap orang mulai dari seorang pemimpin hingga guru sekolah, kemudian hal tersebut memberi Natsume kemampuan untuk menganalisis pergolakan sosial pada periode Meiji melalui lensa alegoris.

5. What I Talk About when I Talk About Running, ditulis oleh Haruki Murakami

          Menurunkan berat badan atau melakukan beberapa bentuk olahraga merupakan sebuah resolusi tahun baru yang sangat klasik dan mungkin banyak dari kita yang melanggar resolusi yang kita buat sendiri. Dalam buku ini, Murakami membahas motivasinya tentang mengikuti lari maraton di New York. Murakami memberikan kebijaksanaan dan nasihat tentang berlari. Ia juga melihat perspektifnya tentang kehidupan yang banyak berubah sejak menjalani hobi berlarinya, dan bagaimana lari tersebut memiliki efek positif pada tulisannya.

6. The Last Children of Tokyo, ditulis oleh Yoko Tawada

          Jika kalian ingin mencari sesuatu yang inspirasional untuk membuat kalian menjadi lebih berwawasan tentang lingkungan dan sosial, maka buku ini patut kalian coba untuk baca. Dalam beberapa tahun terakhir Jepang telah dikenal secara global karena populasinya yang menua, ditambah dengan ketakutan yang sangat nyata akan polusi dan isolasi dari seluruh dunia, Tawada dengan lembut mengingatkan kita tentang hal-hal yang harus kita syukuri dan bagaimana cara kita agar dapat mempertahankan gaya hidup kita saat ini dengan cara yang lebih sehat.

Nah, dari beberapa rekomendasi di atas, buku yang mana yang kalian ingin baca terlebih dahulu? Selamat membaca dan selamat terinspirasi!

Untuk Informasi mengenai sekolah, beasiswa, bekerja, dan wisata ke Jepang dapat menghubungi kami melalui website https://mislanguageschool.co.id/

Sumber:

https://www.octopusbooks.co.uk/books/detail.page?isbn=9780857834911

https://savvytokyo.com/10-japanese-novels-add-booket-list/

https://savvytokyo.com/5-japanese-books-to-read-before-you-start-anything-new-this-year/

Sumber Gambar : https://www.pexels.com/photo/black-pen-on-white-book-page-159621/