Boneka Kokeshi, Boneka Pembawa Keberuntungan

Ditulis oleh: Administrator, 29-11-2019

               Boneka Kokeshi adalah salah satu boneka tradisional Jepang yang sudah ada sejak periode Edo (1603-1868). Boneka kokeshi muncul pertama kali di Jepang bagian utara sekitar prefektur Tohoku dan sangat terkenal di kalangan perempuan muda. Pada saat itu, para Kijishi (seniman yang biasa membuat kerajinan tangan seperti piring dan mangkuk dengan tujuan religi) menyadari bahwa kerajinan yang terbuat dari kayu lebih diminati dan dapat menjadi karya seni dengan permintaan yang tinggi. Mereka kemudian mengukir boneka kayu yang kemudian banyak dijadikan souvenir untuk para pengunjung yang datang ke Onsen (pemandian air panas).  

              Boneka ini biasanya terbuat dari kayu yang diukir menjadi figure yang unik. dengan berbagai ornamen cantik. Kepala bundar dengan tubuh berbentuk silider bulat, tanpa tangan dan kaki disertai dengan pakaian tradisional Jepang yang terlukis ditubuhnya menjadi ciri khas yang dimiliki boneka Kokeshi. Boneka Kokeshi diklasifikasikan menjadi dua kategori, yaitu Kokeshi tradisional yang dibuat berdasarkan keunikan adat dan budaya di masing-masing daerah di negara Jepang., dan Kokeshi modern atau kreatif yang memiliki bentuk dan rupa yang telah banyak dimodifikasi.

              Boneka Kokeshi dipercaya menjadi boneka pembawa keberuntungan. Banyak orang Jepang yang mempercayai bahwa dengan menyimpan boneka Kokeshi di rumah, rumah mereka akan mendapatkan perlindungan dan keberuntungan. Namun, dibalik itu, ada pula mitos yang mengatakan bahwa boneka Kokeshi sebenarnya dibuat untuk menghibur anak-anak yang meninggal karena diaborsi. Mitos ini disebarluaskan oleh media dan mendapat banyak perhatian karena kisahnya yang menyedihkan. Tetapi kini, mitos tersebut hanya dianggap sebagai teori yang tak berdasar dan tidak menghambat kepopuleran boneka Kokeshi sebagai salah satu kerajinan atau karya seni khas Jepang yang masih terus dilestarikan.

Untuk Informasi mengenai sekolah, beasiswa, bekerja, dan wisata ke Jepang dapat menghubungi kami melalui website https://mislanguageschool.co.id/

Sumber   : 

https://jpnculture.net/en/kokeshi/

https://www.thevintagenews.com/2017/01/19/kokeshi-the-japanese-handmade-wooden-dolls-with-a-colorful-history-and-controversial-reputation/

 Sumber Gambar  :

https://www.flickr.com/ photos/yoppy