Baseball dalam Masyarakat Jepang

Ditulis oleh: Administrator, 06-12-2019

         Baseball merupakan olahraga paling populer di Jepang. Saat mempelajari bahasa Jepang melalui buku pun, kita juga pasti menyadari banyak sekali muncul kata yakyu (baseball) dalam soal maupun contoh kalimat. Hal itu merupakan salah satu tanda bahwa baseball benar-benar disukai masyarakat Jepang.

         Bagaimana bisa baseball begitu populer di jepang? Sampai sekarang ini tak banyak yang tahu mengapa baseball begitu digemari di Jepang. Ada salah satu netizen yang berpandangan bahwa mungkin baseball disukai karena hanya di baseball, penonton jadi membaur ke dalam permainan. Ada juga yang berkata bahwa sesungguhnya cara memegang stik baseball itu seperti cara samurai memegang champloo.

         Baseball sendiri diperkirakan  datang ke Jepang pada tahun 1870 — sekitar tahun itulah. Seorang profesor Amerika bernama Horace Wilson yang memperkenalkannya ke para mahasiswa di Kaisei Gakko (sekarang Tokyo Imperial University). Sebelum profesor yang telah banyak membantu pemerintah Jepang melakukan modernisasi di bidang pendidikan itu memperkenalkan baseball, di Jepang kala itu tak banyak olahraga yang sifatnya tim.  Kebanyakan bersifat individualistis seperti sumo, kendo, dan kyudo.

         Walaupun demikian, Profesor Wilson tak bisa dijadikan acuan mengapa baseball begitu populer di Jepang. Begitu pun dengan Albert Bates, seorang dosen Amerika di Kaitaku University, yang sudah mengorganisasikan pertandingan pertama baseball yang profesional. Justru yang membuat baseball terkenal ialah  Hiroshi Hiraoka, seorang teknisi kereta api yang pernah belajar ke Amerika. Ia merupakan fan dari Boston Red Sox. Orang inilah yang pertama kali membentuk tim baseball bernama  Shinbashi Athletic Club Athletics. Itu terjadi di tahun 1878, dan mungkin semenjak itulah, baseball tumbuh subur di Jepang. Plus sejak Shinbashi itu muncul, banyak bermunculan tim-tim baseball lainnya.

         Sejak itu pula, antusias masyarakat Jepang terhadap baseball semakin besar. Hingga sekarang antusiasme masyarakat Jepang terhadap baseball bisa kita lihat dengan sangat mudah. Contohnya saja, di supermarket atau tempat belanja, banyak sekali toko yang menyediakan produk dengan tema baseball. Tidak hanya pernak-pernik seperti topi dan kaos, produk makanan seperti udon dan snack bertemakan tim baseball pun juga dapat dengan mudah ditemukan di Jepang.

Untuk Informasi mengenai sekolah, beasiswa, bekerja, dan wisata ke Jepang dapat menghubungi kami melalui website https://mislanguageschool.co.id/

Sumber               : https://japanesestation.com/inilah-sejarah-baseball-di-jepang-dan-alasan- mengapa-baseball-begitu-dicintai/

Sumber Gambar : https://www.pexels.com/id-id/foto/7-adonan-atlet-baseball-896567/