Osechi Ryori : Hidangan Tahun Baru Jepang

Ditulis oleh: Administrator, 26-12-2019

       Tidak terasa akan memasuki tahun 2020. Berbagai negara memiliki antusiasme tersendiri dalam menikmati momen pergantian tahun ini, tak terkecuali Jepang. Dalam merayakan tahun baru, masyarakat Jepang biasanya berkumpul bersama keluarga, menghangatkan diri di bawah Kotatsu, menonton acara TV spesial tahun baru, dan menikmati hidangan khusus tahun baru yang disebut dengan Osechi Ryori (おせち料理).

         Osechi Ryori atau singkatnya Osechi, adalah serangkaian hidangan berwarna-warni yang dikemas bersama dalam kotak khusus yang disebut Jubako. Tahun baru di Jepang dinggap sebagai waktu untuk istirahat, sehingga tidak ada yang harus dimasak. Karena persiapan Osechi biasanya selesai sebelum tahun baru, hidangan pada Osechi terbuat dari makanan yang dikeringkan atau mengandung banyak gula atau cuka agar terjaga keawetannya.

         Awalnya, Osechi adalah makanan sederhana yang terdiri dari sayuran yang direbus dalam kecap dan cuka. Namun kini, Osechi muncul dengan beragam hidangan yang masing-masing memiliki karakteristik dan makna tersendiri. Berikut adalah hidangan yang biasa ada pada Osechi dan maknanya:

1. Kuromame, (Kacang kedelai hitam) yang direbus dengan gula. Dimaknai sebagai simbol Kesehatan untuk tahun yang akan datang. Warnanya yang hitam dipercaya dapat menangkal roh jahat.

2. Kazunoko (Telur ikan herring). Dimaknai sebagai simbol panen yang berlimpah dan kesuburan.

3. Tazukuri (Ikan Anchovy  atau teri). Dimaknai pula sebagai simbol panen yang berlimpah.

4. Goubo, (Akar Tanaman Burdock) yang dibumbui dengan wijen dan cuka. Dimaknai sebagai simbol kesehatan dan panen yang berlimpah.

5 Datemaki (Omelet dengan pasta ikan dan udang). Dimaknai sebagai simbol perkembangan budaya dan pencapaian skolastik.

6. Kouhaku Kamaboko (Kue pasta ikan). Bentuknya yang setengah lingkaran adalah simbol matahari terbit. warna merah mewakili jimat, warna putih mengekspresikan kemurnian dan kesucian. Kombinasi kedua warnanya dianggap membawa keberuntungan dan kebahagiaan.

7. Kuri Kinton (Kentang dan kacang tumbuk). Simbol kekayaan atau harta untuk tahun depan.

8. Yakizakana (Ikan panggang). Simbol untuk karir yang sukses.

9. Ebi (Udang). Simbol untuk  panjang umur selain itu juga untuk simbol kehidupan yang baru

10. Subasu (Akar teratai). Simbol masa depan tanpa halangan.

11. Kouhaku Namasu (Lobak dan wortel bercuka). Simbol pertanda baik.

12. Konbu Maki (Herring kering dibungkus rumput laut). Melambangkan keberuntungan.

13. Satoimo (Ubi). Simbol doa untuk anak-anak.

14. Kuwai (Akar tanaman Sagittaria). Simbol karir yang sukses.

15. Surume (Cumi-cumi). Simbol perayaan atau selebrasi.

16. Nishiki tamago (Telur Brokat). Bahan pokok dari Tahun Baru.

17. Otafuku Mame (Kacang Large Broad). Melambangkan keberuntungan.

18. Hoshigaki (Kesemek kering). Simbol harapan hidup yang panjang.

19. Dai dai (Jeruk pahit jepang). Lambang dari harapan untuk anak-anak.

      Osechi Ryori adalah lebih dari sekedar makanan yang telah menjadi bagian dari tradisi dan budaya tahun baru Jepang. Merupakan simbol dari berbagai hal baik yang diharapkan datang menyertai tahun yang baru. Jika anda berada di Jepang selama tahun baru, cobalah untuk menikmati Osechi Ryori ini!

Untuk Informasi mengenai sekolah, beasiswa, bekerja, dan wisata ke Jepang dapat menghubungi kami melalui website https://mislanguageschool.co.id/Sumber :

Sumber :

【Japanese Culture】The Meaning Behind Osechi Ryori: Traditional New Year’s Food in Japan. (https://soranews24.com/2013/01/03/%E3%80%90japanese-culture%E3%80%91the-meaning-behind-osechi-ryori-traditional-new-years-food-in-japan/)

Osechi Ryori: Japan's Lucky and Traditional New Year's Feast.(https://livejapan.com/en/in-tokyo/in-pref-tokyo/in-tokyo_train_station/article-a0000769/

Exploring the Meaning of Osechi Ryori, Japan’s Traditional New Year Food

 (https://www.tokyoweekender.com/2017/12/exploring-the-meaning-of-osechi-ryori-japans-traditional-new-year-food/