Fakta Wasabi, Pasta khas Jepang

Ditulis oleh: Administrator, 10-01-2020

   Ketika makan sushi dan sashimi, pasti penyajiannya disertai wasabi. Wasabi merupakan pasta hijau yang biasanya digunakan sebagai pemdamping dan penambah cita rasa masakan Jepang. Rasa wasabi yang pedas dan menyengat hidung membuat pasta ini tidak disukai oleh sebagian orang. Berikut adalah beberapa fakta mengenai wasabi.                                      

1. Mahal dan Banyak Tiruannya

   Tanaman wasabi sendiri merupakan umbi-umbian, seperti wortel atau singkong. Warnanya hijau mulai dari umbi atau akarnya, tangkai, hingga daun. Daun wasabi lebar dan berbentuk seperti hati. Akar wasabi sangat mahal, bahkan mencapai 3 juta rupiah per kilonya. Oleh karena itu, tak sedikit restoran-restoran yang memakai wasabi "buatan". Biasanya bubuk atau oasta wasabi yang berada di restoran adalah olahan lobak yang ditambahi pewarna hijau serta perasa yang membuatnya mirip dengan wasabi.

2. Menghilangkan Aroma Amis

Wasabi yang biasanya dioleskan pada sushi dan sashimi ternyata bukan hanya untuk menambah cita rasa. Menurut salah satu chef dari Jepang, yaitu Chef Hideki Chomei, yang dicari dari wasabi adalah aromanya. Meskipun segar, terkadang ikan mentah juga mengeluarkan bau amis. Wasabi digunakan untuk menetralisir bau amis tersebut.

3. Mencegah Keracunan Makanan

   Wasabi mengandung allyl isothiocyanate, zat insektisida kuat dan bakteriosida yang membantu memerangi racun makanan sekalipun sushi yang Anda makan bersih dan segar. Wasabi dapat membantu mencegah keracunan makanan dengan menetralkan dan membunuh spora jamur yang ada.

4. Bermanfaat Bagi Kesehatan

   Wasabi memiliki berbagai macam kandungan yang bermanfaat bagi kesehatan. Diantaranya adalah senyawa 6-MSITC yang dapat menghambat agregasi trombosit, penggumpalan trombosit menjadi bekuan darah. Dengan kata lain, wasabi dapat mencegah penggumpalan darah dan secara efektif mengurangi risiko serangan jantung dan stroke. Selain itu, wasabi juga dipercaya dapat memperlancar aliran darah dan melawan pilek.

Untuk Informasi mengenai sekolah, beasiswa, bekerja, dan wisata ke Jepang dapat menghubungi kami melalui website https://mislanguageschool.co.id/

Sumber               :

https://www.google.com/amp/s/amp.kompas.com/travel/read/2014/03/28/1128572/Wasabi.Si.Pedas.Menghentak.yang.Mahal

Sumber Gambar : https://www.pexels.com/id-id/foto/makanan-orang-tangan-hidangan-3296431/