Rahasia Umur Panjang Masyarakat Jepang

Ditulis oleh: Administrator, 08-05-2020

       Jepang adalah negara para penduduk yang berumur panjang. Orang Jepang memiliki masa hidup yang paling lama dari negara-negara besar yang lain. Rata-rata, wanita memiliki masa hidup selama 87 tahun, sedangkan pria selama 80 tahun. Berdasarkan data dari WHO (World Health Organization), 75 tahun dari kehidupan tersebut, rata-rata orang Jepang hidup dengan sangat sehat dan jarang terkena penyakit. Jepang juga merupakan negara yang di dalamnya banyak sekali para hardworkers atau pekerja keras. Tuntutan, permintaan, dan deadline dalam sebuah pekerjaan bisa membuat para pekerjanya stres berat. Lalu, bagaimana orang Jepang bisa memiliki masa hidup yang lama dan sehat?

       Salah satu hal yang paling penting dalam kesehatan orang Jepang adalah cara makan dan makanan yang mereka konsumsi sehari-hari. Terdapat sebuah pepatah Jepang 腹八分 (hara hachi bu), yaitu “makanlah sampai 80% kenyang”. Orang Jepang akan cenderung makan sampai mereka merasa cukup dan mendapatkan energinya kembali, tidak sampai kenyang yang berlebihan karena hal tersebut akan membuat kita berat untuk bergerak. Oleh karena itu, orang Jepang akan makan dengan kombinasi beberapa jenis makanan dengan porsi yang kecil. Makanan-makanan tersebut antara lain adalah nasi, ikan yang mengandung protein tinggi, sayur-mayur, serta makanan fermentasi seperti miso atau natto. Mengkonsumsi makanan yang mendandung kedelai juga salah satu hal yang membuat orang Jepang tetap sehat dan bebas dari obesitas, penyakit jantung, dan juga kanker.

       Orang Jepang secara alami dibesarkan di lingkungan yang sehat dan bebas polusi, utamanya di daerah yang bukan kota-kota besar yang sibuk. Di kota-kota besar pun, sebagian besar orang Jepang bepergian dengan transportasi umum (kereta atau bis), sepeda, atau jalan kaki, sehingga polusi tidak mendominasi udara Jepang. Meskipun menggunakan transportasi umum, orang Jepang akan memulainya dengan berjalan kaki dahulu menuju halte atau stasiun terdekat. Secara tidak langsung, orang Jepang yang setiap hari bepergian dengan setidaknya berjalan kaki selama 10-15 menit dalam sekali jalan, sudah memenuhi kebutuhan minimal manusia untuk berolahraga.

       Hal penting yang terakhir adalah konsep hidup orang Jepang yang disebut ikigai, yaitu konsep yang dimiliki orang Jepang dalam mencapai tujuan hidup. Ikigai tidak hanya tentang karir, pekerjaan, atau profesi yang tinggi dan mapan, tetapi bisa juga tentang merawat keluarga, melakukan hal-hal kecil yang bermanfaat bagi orang lain, atau membagikan kegemaran kita dengan atau kepada orang lain. Ikigai adalah tentang kehati-hatian, teliti, dan fokus dalam menemukan makna dalam kehidupan yang penuh dengan kualitas daripada kuantitas.

Untuk Informasi mengenai sekolah, beasiswa, bekerja, dan wisata ke Jepang dapat menghubungi kami melalui website https://mislanguageschool.co.id/

Sumber:

https://theculturetrip.com/asia/japan/articles/why-japans-okinawa-islands-are-full-of-100-year-olds/

https://www.nbcnews.com/news/asian-america/japan-has-highest-life-expectancy-any-major-country-why-n130871

https://www.telegraph.co.uk/health-fitness/body/secret-japanese-longevity/

Sumber gambar:

https://govinsider.asia/innovation/japan-to-share-elderly-care-vision-at-innovation-labs-world/