Super Sentai, Super Hero Kita Semua

Ditulis oleh: Administrator, 15-05-2020

           Anda tentunya sudah tidak asing lagi dengan serial Power Ranger. Serial super hero yang selalu menemani anak – anak, terutama pada hari Minggu pagi ini menjadi kenangan tersendiri bagi orang – orang yang telah menyaksikannya. Namun, tahukah anda bahwa sebenarnya serial Power Rangers  sebenarnya merupakan sebuah adaptasi dari serial serupa yang berasal dari negeri Sakura?

           Di negara asalnya, Power Rangers dikenal dengan nama Super Sentai. Super Sentai sendiri merupakan serial televisi tokusatsu, yang merupakan singkatan dari tokushu satsuei (特殊撮影) yang artinya “perekaman khusus”. Dalam hal ini, yang dimaksud dengan “khusus” adalah efek – efek yang digunakan dalam membuat rekaman tersebut. Super Sentai sendiri merupakan sebuah serial mengenai sekelompok orang yang biasanya terdiri dari tiga atau lebih orang dan mereka bisa berubah wujud untuk kemudian bertarung melawan karakter jahat.

           Dikarenakan tampilan ceritanya, banyak yang beranggapan bahwa tokusatsu dikhususkan untuk penonton anak – anak, padahal pada nyatanya banyak cerita dari serial – serial tersebut yang sulit dimengerti oleh anak – anak. Serial Super Sentai memulai sejarahnya di Jepang pada tahun 1975, dan terus berlanjut sampai sekarang dengan mengangkat tema yang berbeda – beda dan unik untuk setiap serinya, mulai dari polisi luar angkasa sampai dengan kesatria dengan kekuatan binatang – binatang purba.

           Tak hanya populer di negaranya sendiri, serial Super Sentai ternyata juga diminati oleh berbagai orang di seluruh dunia. Untuk menjembatani hal tersebut, pada tahun 1993 Amerika mulai mengadaptasi serial – serial Super Sentai. Dikarenakan hal ini merupakan adaptasi, tentu saja mereka melakukan beberapa penyesuaian, seperti pada pemilihan aktor yang berasal dari etnis yang beragam hingga penyesuaian adegan perkelahian. Setelah itu, mulailah serial adaptasi mereka menyebar luas ke seluruh dunia, yang kemudian kita kenal sebagai Power Rangers.

Untuk Informasi mengenai sekolah, beasiswa, bekerja, dan wisata ke Jepang dapat menghubungi kami melalui website https://mislanguageschool.co.id/

Sumber               : https://tvtropes.org/pmwiki/pmwiki.php/Franchise/SuperSentai

                              https://id.wikipedia.org/wiki/Tokusatsu

Sumber Gambar : https://s2.bukalapak.com/img/7955774791/w-1000/kyoryu_sentai_zyuranger_by_butters101_d73b9ze_scaled.jpg