Musim Panas di Jepang

Ditulis oleh: Administrator, 29-05-2020

       Jepang merupakan negara yang memiliki empat musim dalam satu tahun, yaitu musim dingin, musim semi, musim panas, dan musim gugur. Salah satu musim yang paling dinantikan oleh masyarakat Jepang adalah musim panas karena di musim panas terdapat libur panjang dan berbagai rangkaian festival yang menarik.

       Musim panas di Jepang berlangsung dari bulan Juni sampai Agustus. Lamanya musim panas tidak pasti, di Kyushu berlangsung selama dua bulan, di Tokyo kira-kira 45 hari, dan di Kyoto kira-kira 68 hari. Kota Kyoto dan Nara dikenal sebagai kota yang sangat panas pada saat musim panas, suhunya bisa mencapai 35 derajat celcius di bulan Agustus, dan kelembabannya meningkat hingga 65% selama musim hujan.

       Ketika udara hangat selatan dari Samudera Pasifik bergerak ke utara di atas daratan, udara segar awal musim panas berubah menjadi lembab, menandai awal musim hujan atau biasa disebut dengan tsuyu, yang biasanya berlangsung dari bulan Juni hingga pertengahan Juli. Setelah itu hari-hari yang diselimuti hujan akan berganti dengan cuaca panas dan kering yang disebut tsuyu ake. Tsuyu ake berlangsung selama lebih dari dua puluh hari dimulai dari pertengahan Juli sampai minggu pertama bulan Agustus.

       Pada saat musim panas murid-murid dan karyawan mengganti seragam mereka dengan seragam musim panas yang umumnya adalah kemeja putih lengan pendek. Panasnya musim panas di Jepang membuat orang tidak betah berada di rumah, akibatnya mereka bepergian ke tempat yang lebih sejuk seperti Hokkaido untuk menghindari panas.

       Di musim panas terdapat libur terpanjang sepanjang tahun. Liburan musim panas bagi murid-murid di Jepang adalah liburan yang dinanti-nanti, karena banyak hal yang hanya bisa dilakukan di saat musim panas. Liburan musim panas biasanya diisi dengan arubaito (kerja paruh waktu),  berwisata ke pantai, gunung, bahkan ada yang pergi ke Okinawa maupun ke luar negeri. Pada saat musim panas akan ada banyak sekali festival yang digelar. Biasanya anak muda di Jepang bersama teman-teman atau keluarganya mengunjungi festival-festival ini. Jika bersama keluarga, mereka akan membawa tikar dan menggelarnya di spot yang bagus untuk melihat kembang api.

       Pada hari terpanas di musim panas sudah menjadi tradisi orang Jepang untuk memakan belut yang kaya akan protein dan vitamin tinggi yang diketahui bisa menangkal kelelahan akibat musim panas. Cara paling umum dalam menikmati belut adalah membuat kabayaki yaitu dengan mengiris terbuka daging belut lalu mengoleskan saus manis dan asin di permukaannya sambil dipanggang, terakhir menyajikannya di atas nasi. Selain belut, makanan yang sangat khas dengan musim ini adalah semangka. Semangka yang memiliki banyak kandungan air sangat cocok untuk menghilangkan rasa dahaga. Terdapat tradisi tersendiri untuk menikmati buah semangka pada saat musim panas, tradisi ini disebut suikawari. Suikawari dilakukan di lapangan terbuka. Pada intinya suikawari dilakukan dengan memukul semangka dengan tongkat, namun pemukul harus ditutup matanya. Apabila berhasil, semangka akan dimakan bersama-sama.

       Tradisi yang khas musim panas lainnya adalah mengirim Shochu Mimai. Shochu Mimai adalah sejenis kartu pos yang dikirim kira-kira dari tanggal 15 Juli sampai tanggal 8 Agustus. Bila dikirim setelah Risshu (hari pertama memasuki musim gugur tanggal 8 Agustus), maka kartu ucapan itu dinamakan Zansho Mimai (kartu ucapan akhir musim panas). Pada awalnya hal tersebut berasal dari kebiasaan orang Jepang di musim panas yang saling menghubungi sesama keluarga atau teman akrab, karena musim panas di Jepang sangatlah panas dan lembab mudah mengakibatkan kelelahan bahkan jadi sakit.

Untuk Informasi mengenai sekolah, beasiswa, bekerja, dan wisata ke Jepang dapat menghubungi kami melalui website https://mislanguageschool.co.id/

Sumber:

Shirane, H. 2012. Japan and The Culture of The Four Seasons: Nature, Literal, and The Arts. New York: Columbia Press.

Sumber gambar:

https://eikaiwa-mirai-junior-cdn.weblio.jp/mirai-junior/wp-content/uploads/2018/07/30134444/20180730.jpg