Bahan Makanan Khas Musim Panas di Jepang

Ditulis oleh: Administrator, 11-06-2020

        Di Indonesia, pastinya kita sering mendengar istilah musim rambutan, musim mangga, dan lainnya. Ya, banyak sekali buah, sayur, maupun bahan makanan lain yang hanya bisa didapatkan pada musim tertentu. Begitu pula di Jepang, pada tiap musim, bahan makanan yang dapat didapatkan dengan mudah pun berbeda-beda. Hal ini dipengaruhi oleh iklim. Ketika musim berganti, maka ada beberapa bahan makanan yang sulit didapatkan. Bahan-bahan makanan yang dapat didapatkan dengan mudah dan menjadi ciri khas pada tiap musimnya dalam bahasa Jepang disebut dengan istilah shun. Selain mudah didapatkan, shun memiliki kandungan vitamin maupun gizi yang paling bagus serta rasa yang paling nikmat ketika disantap saat musimnya tiba.

        Saat musim panas, ada beberapa bahan makanan yang menjadi ciri khas di Jepang. Yang pertama adalah ikan Ayu, yaitu ikan yang identik dengan musim panas di Jepang. Ikan ini tidak berbau amis dan justru banyak yang menyebutkan aroma ikan ini sangat segar hampir mirip dengan aroma mentimun. Selain tidak berbau amins, ikan Ayu merupakan ikan yang bersih karena hanya bisa hidup dan bereproduksi di sungai yang airnya jernih. Kemudian, tentunya, ada pula buah semangka! Semangka merupakan buah yang sangat cocok dinikmati saat musim panas karena memiliki banyak kandungan air.  

        Salah satu bahan makanan khas berikutnya adalah sayur terong. Sayur terong merupakan sayur yang sering sekali ditanam oleh orang Jepang di halaman rumahnya. Karena terong mudah tumbuh di musim panas, maka kebun yang penuh dengan terong merupakan pemandangan yang khas di rumah orang Jepang pada saat musim panas. Terong biasanya dipakai sebagai bahan pelengkap makanan utama. Namun ada juga orang yang memakan terong sebagai makanan utama dengan cara dipanggang.

Untuk Informasi mengenai sekolah, beasiswa, bekerja, dan wisata ke Jepang dapat menghubungi kami melalui website https://mislanguageschool.co.id/

Sumber:

https://kurashi-no.jp/I0027197

Sumber gambar:

https://www.ioriyuzuki.com/img/natsusozai5.jpg