Kartu Ucapan Musim Panas Khas Jepang, Shochuu Mimai

Ditulis oleh: Administrator, 19-06-2020

        Sebagai negara yang memiliki iklim sub – tropis, berbeda dengan Indonesia, Jepang memiliki empat musim dalam satu tahun. Adapun, musim – musim tersebut adalah musim semi, musim panas, musim gugur, dan musim dingin. Diantara musim – musim ini, musim panas dan musim dingin merupakan musim dimana cuaca bisa sangat berbahaya bagi manusia. Khususnya pada musim panas, apabila kita tidak terbiasa menghadapi cuaca yang ekstrim, maka nyawa bisa menjadi taruhannya. Namun, masyarakat Jepang memiliki sebuah budaya yang cukup unik untuk saling mengingatkan kepada orang – orang yang kita kenal dan kita sayangi untuk tidak lupa menjaga diri ditengah teriknya musim panas, yaitu melalui shochuu mimai.

        Shochuu mimai (dalam bahasa Jepang ditulis sebagai 暑中見舞い) merupakan sebuah kartu ucapan yang biasa dikirim pada musim panas. Kartu ucapan ini selain berisi ucapan salam juga berisi pesan agar selalu menjaga kondisi tubuh agar tetap segar dan sehat untuk menghadapi teriknya musim panas. Musim panas di Jepang bisa menjadi sangat berbahaya, terutama untuk mereka yang masih harus bekerja atau beraktifitas selama musim panas. Di Jepang, musim panas yang berlangsung selama bulan Juli sampai September bisa memiliki suhu hingga mencapai 30°C. Tak jarang pula warga Jepang yang meninggal tidak hanya karena teriknya musim panas namun juga karena mereka terlalu sibuk bekerja sampai mereka lupa menjaga badan mereka dengan minum banyak air. Oleh karena itu budaya saling mengingatkan satu sama lain untuk selalu menjaga diri sendiri pada musim panas lewat shochuu mimai menjadi salah satu kebudayan dan kebiasaan yang wajib dilakukan pada musim panas.

Untuk Informasi mengenai sekolah, beasiswa, bekerja, dan wisata ke Jepang dapat menghubungi kami melalui website https://mislanguageschool.co.id/

Sumber:

https://livejapan.com/en/article-a0002430/

Sumber gambar:

https://i0.wp.com/pocketjapan.tw/wp-content/uploads/2019/06/hgk1.jpg