Kaidan-Banashi, Tradisi untuk Melawan Musim Panas

Ditulis oleh: Administrator, 26-06-2020

          Apakah kalian menyukai cerita seram Jepang? Jika iya, maka musim panas akan menjadi musim yang paling pas bagi kalian untuk mengunjungi negeri Sakura. Mengapa demikian? Apakah hubungan antara cerita horror Jepang dengan musim panas?

          Sebagai negara yang memiliki empat musim, musim panas di Jepang bisa menjadi sangat ekstrim. Tak jarang pula musim panas di Jepang menelan korban jiwa karena panasnya. Oleh karena itu, masyarakat Jepang menciptakan beberapa macam kegiatan untuk melawan panasnya musim panas, seperti pergi bermain ke pantai dan melakukan kaidan banashi.

          Apakah kaidan banashi itu? Kaidan banashi merupakan kegiatan dimana kita berkumpul bersama teman - teman untuk menceritakan kisah seram. Namun kaidan banashi tidak selalu bertemakan tentang hantu. Apabila kita meneliti lewat kanjinya, 怪談 yang dibaca "kaidan" terdiri dari dua kanji. Kanji pertama 怪, yang dibaca "kai", memiliki arti misterius atau aneh, sedangkan kanji kedua 談 yang dibaca "dan", memiliki arti cerita atau pembicaraan. Jadi, kaidan banashi sebenarnya memiliki arti "cerita tentang kejadian - kejadian aneh atau misterius". Hal ini ditunjukkan bahwa dalam beberapa kaidan, tidak terdapat sosok hantu maupun monster yang terlihat jelas, hanya kejadian - kejadian misterius yang sanggup membuat bulu kuduk kita berdiri.

          Lalu, apa sebenarnya kaitan kaidan banashi dengan musim panas? Meskipun tidak selalu bercerita tentang hantu ataupun monster, kaidan banashi sengaja ditujukan agar pendengarnya merasa merinding dan takut. Hal ini dikarenakan masyarakat Jepang mempercayai bahwa ketika kita ketakutan, tubuh akan mengeluarkan keringat lebih banyak sehingga hal tersebut membantu mendinginkan tubuh untuk melawan panasnya musim panas. Apakah kalian juga ingin mencoba cara ini untuk membantu melawan panasnya cuaca?

Untuk Informasi mengenai sekolah, beasiswa, bekerja, dan wisata ke Jepang dapat menghubungi kami melalui website https://mislanguageschool.co.id/

Sumber:

https://hyakumonogatari.com/what-are-kaidan/

Sumber gambar:

http://www.cdjapan.co.jp/product/NEOBK-1222181