Festival Tanabata

Ditulis oleh: Administrator, 02-07-2020

         5 hari lagi adalah Festival Tanabata, lho! Apasih Festival Tanabata itu? Tanabata merupakan salah satu festival yang paling penting dan yang paling dirayakan di Jepang. Tanabata termasuk ke dalam festival musiman yang juga dikenal dengan nama sekku (節句), dan bersamaan dengan Tanabata, terdapat 4 perayaan musiman lainnya yang perayaannya merepresentasikan sebuah bunga atau tumbuhan dan selalu diarayakan setiap tahun oleh anak-anak sampai orang dewasa. 
         Perayaan pertama adalah Jinjintsu (人日)atau "Human Day"  yang dirayakan pada tanggal 7 Januari dan merepresentasikan nanakusa (七草) atau 'seven herbs'. Kemudian ada Hinamatsuri (雛祭) yang biasa disebut dengan hari anak perempuan pada tanggal 3 Maret dan merepresentasikan bunga persik. Lalu ada perayaan Kodomo no Hi (), atau hari anak, pada tanggal 5 Mei yang merepresentasikan bunga Iris Jepang. Kemudian Festival Tanabata yang merepresentasikan tanaman bambu, dan yang terakhir adalah perayaan Choyo no Sekku (重陽の節句) pada tanggal 9 september dan merepresentasikan bunga krisan.
         Lalu, bagaimana Festival Tanabata ini dirayakan? Tentunya ornamen bentu merupakan hal yang penting dalam perayaan ini. Bambu adalah simbol vitalitas karena memiliki akar yang sangat kuat, tumbuh dengan sangat cepat, dan diyakini bahwa bagian dalamnya yang berlubang memungkinkan para dewa untuk berdiam di dalamnya. Selama festival berlangsung, orang-orang menuliskan harapan mereka pada sebuah kartu kertas yang kemudian digantungkan pada bambu-bambu tersebut. Di akhir festival, bambu-bambu, bersamaan dengan harapan setiap orang, dibakar agar kemudian harapan tersebut menjadi kenyataan.
         Saat festival ini berlangsung, kalian akan banyak menjumpai banyak kartu ucapan dengan penuh gambar, puisi, lirik lagu, keinginan-keinginan yang aneh dan serius, dan hal tersebut membawa warna dan kecerahan pada festival tersebut.

Untuk Informasi mengenai sekolah, beasiswa, bekerja, dan wisata ke Jepang dapat menghubungi kami melalui website https://mislanguageschool.co.id/

Sumber:

https://japantoday.com/category/features/lifestyle/the-origins-and-legend-of-tanabata-japan%E2%80%99s-star-festival

Sumber gambar:

https://mrs.living.jp/wp-content/uploads/2018/07/dc6a14c5fcf1ae250feb452865f8c42b_s.jpg