Genkan (玄関)

Ditulis oleh: Administrator, 24-07-2020

          Apabila anda menonton drama atau serial animasi Jepang atau bahkan memasuki rumah warga Jepang, yang pertama kali kita lihat adalah sebuah ruangan kecil tempat dimana alas kaki dilepas, sebelum akhirnya kita bisa masuk ke dalam rumah. Namun sebenarnya ruangan apakah ini? Ruangan ini disebut sebagai genkan.

          Genkan merupakan sebuah ruangan kecil setelah pintu masuk dimana di sini orang yang memasuki rumah harus melepas alas kaki mereka. Berbeda dengan budaya kita yang melepas alas kaki kita di depan pintu masuk, Genkan berlaku sebagai perpanjangan dari halaman kita.

          Selain alas kaki, Genkan juga dipakai untuk melepaskan jaket dan payung, dan barang - barang yang kita gunakan di luar rumah. Setelah kita melepas barang  - barang tersebut, barulah kita boleh masuk ke dalam rumah. Hal ini bertujuan agar barang dari luar yang kotor tidak ikut masuk bersama kita.

          Hal lain yang menonjol dari genkan adalah letaknya yang berada di bawah dari bagian dalam rumah. Lebih tepatnya, bagian dalam rumah Jepang dibuat satu tingkat sedikit lebih tinggi dari tanah, sehingga batas antara bagian dalam dan luar rumah terlihat jelas. Atas dasar inilah kalimat yang biasa diucapkan oleh tuan rumah ketika mempersilahkan tamunya untuk masuk bukanlah "Douzo ohairi kudasai" yang berarti "Silahkan masuk", melainkan "Douzo oagari kudasai" yang secara harafiah berarti "Silahkan naik".

Untuk Informasi mengenai sekolah, beasiswa, bekerja, dan wisata ke Jepang dapat menghubungi kami melalui website https://mislanguageschool.co.id/

Sumber:

https://www.japanvisitor.com/japan-house-home/genkan

Sumber gambar:

https://www.okuta.com/image/org/storage/entrance-storage-point.jpg