Sejarah Nama Akihabara

Ditulis oleh: Administrator, 07-08-2020

            Bagi anda penggemar budaya pop Jepang seperti anime, manga, atau video game, nama Akihabara pasti sudah tidak asing lagi. Akihabara merupakan nama sebuah distrik yang berada di Tokyo dimana tempat ini terkenal sebagai pusat bagi orang – orang yang ingin membeli barang – barang yang berhubungan dengan budaya pop Jepang seperti anime dan manga. Namun, bagaimana sejarah tempat ini sebelum menjadi terkenal seperti sekarang?

            Pada awalnya, tempat ini bahkan tidak memiliki nama Akihabara, melainkan Aioi, sebuah daerah yang dulu terkenal sebagai rumah pagi pedagang, pengerajin, dan samurai kelas bawah. Namun, pada tahun 1869 sebuah kebakaran hebat menghancurkan daerah tersebut sehingga pada waktu itu warga Jepang memutuskan untuk membangun sebuah kuil untuk menyembah dewa Akiba-daidongen, yang konon mengendalikan api dengan harapan tidak akan ada lagi kebakaran yang terjadi di masa depan. Sejak saat itulah nama tempat ini berubah menjadi Akibagahara atau yang sekarang lebih dikenal sebagai Akihabara mengikuti nama dewa yang melindungi tempat ini. Sekitar pada tahun 1890-an, stasiun Akihabara mulai dibuka, dan sejak saat itu perdagangan di Akihabara mulai berkembang. Pada awalnya Akihabara hanya memulai dari pasar kecil yang menjual makanan dan sayuran, namun seiring dengan berkembangnya jaman, Akihabara mulai berkembang menjadi sebuah kota perdagangan, dimana mereka mulai menjual peralatan rumah tangga yang sempat popular pada era 1930, yaitu mesin cuci, televisi, dan kulkas. Dari sinilah Akihabara mulai dikenal sebagai “kota elektronik”.

            Namun, hal tersebut tentu tidak berlangsung lama, karena semakin majunya jaman, barang – barang popular yang dijual di Akihabara mulai kehilangan daya tariknya. Para pedagang di Akihabara kemudian menjual komputer, yang pada saat itu hanya dipakai oleh kalangan tertentu saja, salah satunya adalah otaku atau penggemar budaya pop Jepang. Dari sinilah Akihabara tidak hanya terus berkembang sebagai kota yang menjual peralatan elektronik, namun juga menjadi surga bagi para otaku baik dari dalam maupun luar negeri.  

Untuk Informasi mengenai sekolah, beasiswa, bekerja, dan wisata ke Jepang dapat menghubungi kami melalui website https://mislanguageschool.co.id/

Sumber:

https://www.japanvisitor.com/tokyo/tokyo-area-guides/akihabara

https://en.wikipedia.org/wiki/Akihabara

Sumber gambar:

https://rimage.gnst.jp/livejapan.com/public/article/detail/a/00/03/a0003237/img/basic/a0003237_main.jpg