Sisi Positif Jika Melanjutkan Pendidikan ke Jepang

Ditulis oleh: Administrator, 20-04-2018

Melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi ke luar negeri tentu bukanlah perkara yang mudah. Pertama, kita harus rajin-rajin mencari informasi tentang tata cara pendaftaran di kampus yang kita inginkan. Sedangkan para pemburu beasiswa harus siap bersaing dengan peserta dari dalam negeri dan luar negeri. Belum lagi lama dan rumitnya mengurus surat-surat yang dibutuhkan sebelum terbang ke Jepang. Namun, setelah semua perjuangan itu kita bisa memperoleh buah manis dari kerja keras kita. Yuk, simak apa saja sih sisi positif yang menanti kita saat tiba di Jepang;

  • Beasiswa yang Bisa Didapat.

Ada banyak beasiswa yang bisa kita dapatkan untuk melanjutkan studi ke Jepang. Salah satu beasiswa yang paling populer dari pemerintah Jepang adalah Monbukagakusho atau MEXT. Dari pemerintah Indonesia sendiri juga menyediakan beasiswa LPDP. Memang sulit dan berat persaingannya untuk mendapatkan kedua beasiswa ini. Namun, jangan khawatir karena jumlah beasiswa yang diberikan akan lebih dari cukup untuk hidup di Jepang. Bagi kalian yang ingin ke Jepang dengan biaya sendiri, pihak universitas juga menyediakan beasiswa yang bisa kalian apply. Tentu dengan syarat yang berbeda-beda dari setiap universitas.

  • Merasakan Langsung Keindahan 4 Musim

Berbeda dengan Indonesia yang hanya memiliki 2 musim, Jepang menunjukkan keindahan tersendiri di setiap musimnya. Musim semi akan penuh dengan bunga-bunga cantik bermekaran, selain itu suhu udara yang tidak terlalu panas atau dingin membuat betah tinggal di Jepang. Berikutnya adalah musim panas yang mungkin tidak jauh berbeda dengan Indonesia. Namun, musim panas adalah waktu yang cocok untuk pergi berlibur terutama ke pantai. Iya, kebiasaan orang Jepang saat musim panas adalah bermain ke pantai dan bermain suikawari atau permainan memecah semangka sambil menikmati birunya langit. Suhu panas perlaham akan menurun mulai bulan September menandakan masuknya musim gugur. Ciri khas musim gugur adalah semua dedaunan mulai berubah menjadi kekuningan, perlahan menjadi kecoklatan dan berubah menjadi merah. Daun momiji atau maple bisa kita nikmati di taman-taman kota dan sekitar kampus. Tentu akan lebih indah lagi jika kita pergi ke kuil yang berada di daerah pegunungan. Terakhir, mungkin yang dinanti-nanti adalah musim salju. Dari akhir Desember sampai awal Februari adalah puncak turunnya salju. Pemandangan pohon kemerahan di musim gugur akan diganti dengan putihnya salju di mana-mana. Jangan lupa main perang bola salju, ya!

  • Lebih Diperhitungkan Ketika Melamar Pekerjaan

Sudah wajar setelah lulus kuliah kita ingin bekerja di suatu perusahaan. Riwayat pendidikan sekolah di luar negeri tentu akan menjadi poin pertimbangan lebih saat wawancara. Kenapa demikian? Kondisi kuliah di dalam dan luar negeri yang berbeda akan berpengaruh positif pada perilaku, sifat dan kemampuan kita. Kita akan menjadi lebih tahan banting, mudah beradaptasi memiliki ilmu lebih dan lain-lain. Dengan demikian, kita akan dinilai sebagai sumber daya manusia yang lebih kompeten.

Jika tertarik untuk mendaftar sekolah bahasa di Jepang, MIS dapat membantu segala prosedurnya. Silakan hubungi melalui website https://mislanguageschool.com atau datang langsung ke MIS.