Festival Obon

Ditulis oleh: Administrator, 13-08-2020

        Sebentar lagi festival Obon dimulai, lho! Festival Obon merupakan festival musim panas di Jepang yang dirayakan untuk menyambut kembali roh leluhur yang mengunjungi anggota keluarganya selama festival. Festival ini akan berlangsung dari tanggal 13 Agustus hingga tanggal 16 Agustus.

        Pada tanggal 13, festival diawali dengan Mukaebi, yaitu masyarakat yang merayakan Obon akan menyalakan api unggun kecil di depan rumah mereka untuk menuntun para roh leluhur kembali ke keluarganya. Pilihan lain selain api unggun adalah dengan menyalakan lampu lentera di rumah mereka .Altar dari anggota keluarga yang sudah meninggal juga diberi dekorasi, mempersembahkan benda-benda yang mereka sukai saat masih hidup.

        Selama hari kedua Obon, yaitu tanggal 14-15, sebagian orang akan memanggil pendeta Budha atau pergi ke kuil untuk membacakan doa-doa kepada roh leluhur mereka. Kegiatan ini disebut dengan 'hoyo'/'koyo'. Setelah itu, para keluarga akan makan siang bersama sambil mengenang cerita lama dari leluhur mereka. Makanan yang disantap saat Obon disebut dengan 'shijin ryori', makanan vegetarian yang terdiri dari kacang rebus, bayam dengan bumbu shoyu dan minyak wijen, serta acar mentimun.

        Festival Obon diakhiri di tanggal 16 Agustus dengan api unggun besar yang dinyalakan untuk dirayakan bersama-sama dengan seluruh masyarakat. Biasanya, orang-orang akan melakukan 'bon odori', tarian tradisional untuk para leluhur. Hal tersebut sampai sekarang masih menjadi simbol khas dari festival Obon dan musim panas. Salah satu api unggun paling terkenal sebagai bagian dari tradisi ini adalah Gozan Okuribi atau Daimonji di Kyoto. Tentu saja untuk mewaspadai peningkatan jumlah penderita COVID-19 penyelenggara acara menerapkan protokol kesehatan yang ketat. 

Untuk Informasi mengenai sekolah, beasiswa, bekerja, dan wisata ke Jepang dapat menghubungi kami melalui website https://mislanguageschool.co.id/

Sumber               : https://savvytokyo.com/obon-the-japanese-festival-of-the-dead/

Sumber Gambar :  https://www.ohnoya-webshop.com/blog/wp-content/uploads/2019/05/201905_bon01-1024x716.jpg