Onigirazu

Ditulis oleh: Administrator, 03-09-2020

       Kalian tentunya sudah tidak asing dengan makanan khas Jepang, onigiri, kan? Nah, tapi apakah kalian mengetahui tentang 'onigirazu'? Onigirazu merupakan salah satu jenis dari onigiri, hanya saja onigirazu tidak berbentuk bulat atau segitiga seperti onigiri pada umumnya, melainkan berbentuk persegi panjang hampir seperti sandwich. Sama seperti onigiri, onigirazu juga tetap memiliki ke-khas-an nya yaitu nasi kepal yang dibungkus rumput laut di luarnya, hanya saja isian onigirazu ini memang hampir sama seperti sandwich, biasanya diberi isian ayam, daging ham, telur, keju, daun selada, dan tomat.

       Lalu, darimana sih asal terbuatnya onigirazu ini? Onigirazu pertama kali muncul di tahun 1990 dalam buku komik berjudul "Cooking Papa". Dalam satu chapter dari komik ini, tokoh Papa menciptakan onigirazu, yang menurutnya hanya butuh kurang dari 5 menit untuk membuat makanan tersebut. Ia menyebarkan nasi di atas potongan besar nori (rumput laut kering), kemudian menambahkan berbagai isian di atas nasi tersebut, melipat nasi dan isian dengan nori, memotongnya menjadi 2 bagian sehingga terlihat seperti roti sandwich yang terbelah dua, dan jadilah onigirazu.

       Nah, kalau untuk asal nama dari onigirazu sendiri, diambil dari kata bahasa Jepang onigiri, atau nigiru, yaitu mencetak nasi memakai tangan, dan kata nigirazu, di mana razu memiliki arti kebalikannya, yaitu 'tidak mencetak menggunakan tangan. Sehingga, onigirazu memiliki makna nasi kepal yang tidak perlu dicetak menggunakan tangan. Karena pembuatannya sangat mudah, kalian bisa mencobanya sendiri di rumah lho!

Untuk Informasi mengenai sekolah, beasiswa, bekerja, dan wisata ke Jepang dapat menghubungi kami melalui website https://mislanguageschool.co.id/

Sumber:
https://www.thespruceeats.com/all-about-onigirazu-2030860
https://savvytokyo.com/3-fusion-onigirazu-recipes-to-impress/

Sumber gambar:
https://www.fujicco.co.jp/know_enjoy/blogwp/wp-content/uploads/2015/02/fc88247f012f268955037de7ff9efdf0.jpg