5 Festival Musim Gugur di Jepang

Ditulis oleh: Administrator, 04-09-2020

       Sudah, memasuki bulan September nih! Itu artinya, sebentar lagi Jepang akan memasuki musim gugur. Nah, sebagai awalan, yuk kita bahas, saat musim gugur nanti, ada festival apa saja sih di Jepang? 

1. Festival Tsukimi

       Festival Tsukimi juga dikenal sebagai festival memandang bulan. Festival ini diadakan untuk menyambut bulan purnama yang muncul pada saat musim gugur, biasanya hari tersebut jatuh pada tanggal 25 September dan 23 Oktober. Masyarakat Jepang merayakan festival ini dengan duduk menikmati keindahan bulan sambil memakan tsukimi dango dan minum sake.

2. Festival Nagoya

       Festival ini merupakan festival terbesar di Nagoya yang diselenggarakan selama dua hari sekitar pertengahan Oktober. Diiringi dengan arakan Mikoshi para pria dan wanita yang berpakaian zaman dahulu serta musik Kagura, festival ini diadakan untuk menghormati tiga pria terkuat di Jepang pada zaman pertengahan, yaitu Oda Nobunaga, Toyotomi Hideyoshi, dan Tokugawa Ieyasu.

3. Festival Takayama

       Festival Takayama merupakan salah satu festival terbaik di Jepang. Festival ini diadakan 2 kali dalam setahun, yaitu pada saat musim semi dan musim gugur. Pada musim semi, festival ini diadakan di Kuil Shinto Hie dan dikenal dengan Sanno Matsuri. Sedangkan pada musim gugur, festival ini dikenal dengan Festival Hachiman dan diadakan di Kuil Shinto Sakurayama Hachiman.

4. Festival Kaname

       Pada upacara di festival ini, pendeta Shinto mempersembahkan beras yang baru dipanen kepada para dewa sebagai ucapan syukur atas panen yang baik. Penduduk setempat juga mempersembahkan beras panen pertama di kuil ini, dan menampilkan upacara hatsu ho hiki (contoh beras pertama) untuk rasa terima kasih mereka atas karunia alam.

5. Festival Tori no Ichi

       Tori no Ichi yang merupakan festival tahunan yang diadakan di setiap wilayah pada bulan November. Festival ini merupakan acara turun temurun di mana para penduduk mendoakan hasil panen yg bagus pada musim gugur dengan mempersembahkan Tori ke kuil. Tori no Ichi yang paling populer di Tokyo diselenggarakan di Kuil Chokokuji, terletak sekitar 1 kilometer arah utara dari Kuil Sensoji di Asakusa.

       Nah, sudah mendapat gambaran kan se-seru apa musim gugur di Jepang? Di artikel kami selanjutnya, tentunya kami akan membahas musim gugur di Jepang lebih dalam lagi. Ikuti terus artikel kami ya!

Untuk Informasi mengenai sekolah, beasiswa, bekerja, dan wisata ke Jepang dapat menghubungi kami melalui website https://mislanguageschool.co.id/

Sumber gambar:

https://pbs.twimg.com/media/EEd-WSYVAAAI_Yy.jpg