"Sokushinbutsu" ( 即身仏 )Mumi yang Berasal Dari Jepang

Ditulis oleh: Administrator, 10-09-2020

       Apakah kalian pernah mendengar kata "Sokushinbutsu" 即身仏? Sokushinbutsu merupakan sejenis mumi Budha yang mengacu pada praktik para biksu Budha yang bertapa hingga titik kematian dan memasuki mumifikasi saat masih hidup. 

       Upaya pertama menjadi Sokushinbutsu dimulai di akhir abad ke-11. Sokushinbutsu diharapkan arwah para biksu dapat kembali di masa depan yang jauh demi kebaikan umat manusia. Butuh hampir dua abad percobaan sebelum seseorang mengetahui bagaimana membuat dirinya menjadi mumi yang dipercaya dapat menipu kematian untuk memasuki keadaan meditasi abadi.

       Di Jepang abad pertengahan, tradisi ini diselesaikan oleh seorang biksu selama sekitar 3.000 hari hingga sepuluh tahun. Hal tersebut melibatkan diet ketat yang disebut dengan 'mokujikigyo'. Diet ini benar-benar mengandalkan biji-bijian yang ditemukan di pegunungan yang akan menghilangkan semua lemak di tubuh. Berpuasa terus menerus dan meditasi akan menyebabkan rasa lapar, namun para biksu perlahan-lahan tetap akan mengurangi kemudian menghentikan asupan cairan, sehingga membuat tubuh dehidrasi dan mengecilkan semua organ. Para biksu akan meninggal dalam keaddan 'jhana' atau meditasi saat melantunkan 'nenbutsu' yaitu mantra tentang Budha, kemudian tubuh mereka secara alami akan diawetkan sebagai mumi dengan kulit dan gigi yang utuh tanpa kerusakan dan tanpa memerlukan bahan pengawet buatan. Banyak mumi Sokushinbutsu Budha yang telah ditemukan di Jepang utara dan diperkirakan berusia berabad-abad yang kemudian dijadikan penghormatan oleh umat Budha. Salah satu kuil Honmyoji di Prefektur Yamagata terus melestarikan salah satu mumi tertua, yaitu Sokushinbutsu bernama Honmyokai. 

       Praktik Sokushinbutsu ini sama sekali bukan praktik tindakan bunuh diri, melainkan sebagai bentuh pencerahan agar arwah para biksu dapat mencapai 'nirwana'. Meskipun begitu, Kaisar Meiji telah melarang praktik ini sejak tahun 1879, dan memasukkan praktik ini sebagai praktik ilegal. Namun, perlu diketahui juga bahwa hal tersebut merupakan salah satu sejarah agama yang ada di Jepang dan para biksu Sokushinbutsu masih dihormati hingga sekarang.

Untuk Informasi mengenai sekolah, beasiswa, bekerja, dan wisata ke Jepang dapat menghubungi kami melalui website https://mislanguageschool.co.id/

Sumber Artikel :

https://www.driveplaza.com/trip/michinohosomichi/ver102/03.html

https://www.atlasobscura.com/articles/sokushinbutsu

Sumber Gambar : 

tps://www.driveplaza.com/trip/michinohosomichi/ver102/images/ver102_p3_1.jpg