Shirasu, Teri Lezat Asal Jepang

Ditulis oleh: Administrator, 17-09-2020

        Di Jepang, ikan teri disebut shirasu yang mana merupakan salah satu jenis ikan kecil dengan panjang kurang dari 2 cm. Shirasu bisa ditemukan di seluruh supermarket di Jepang. Bahan makanan ini sangat populer dan terkenal terutama di Kanagawa.
        Ikan ini bisa dimakan secara mentah atau dengan direbus. Jika shirasu dikeringkan setelah direbus maka shirasu berubah menjadi chirimen. Shirasu mentah lebih cepat membusuk sehingga hanya bisa dimakan di tempat yang dekat dengan nelayan. Shirasu mentah yang baru ditangkap harus dimakan pada hari itu juga. Perfektur Kanagawa adalah salah satu tempat terbaik untuk menyantap shirasu mentah.
        Shirasu bisa ditangkap di musim manapun, tetapi shirasu yang ditangkap di musim semi dan musim gugur memiliki rasa yang lebih enak. Penangkapan shirasu banyak dilakukan di Teluk Sagami. Makanan khas di Kanagawa adalah Shirasu-don, yang merupakan shirasu ditaburkan di atas nasi. Ada juga Shirasu Tsukimi-don yang berarti mangkuk nasi yang melihat bulan. Di dalamnya terdapat kuning telur mentah yang diletakkan di tengah yang mewakili bulan.

Untuk Informasi mengenai sekolah, beasiswa, bekerja, dan wisata ke Jepang dapat menghubungi kami melalui website https://mislanguageschool.co.id/

Sumber               : https://foodinjapan.org/kanto/shirasu/ 

Sumber Gambar : https://www.futari-gohan.jp/wp-content/uploads/2020/04/DSC09536-scaled.jpg