Okara, Ampas Kedelai Yang Kaya Gizi

Ditulis oleh: Administrator, 01-10-2020

       Apakah kalian mengetahui 'okara'? Okara adalah ampas dari sari kedelai yang digemari oleh cukup banyak orang Jepang. Ampas kedelai dari sisa bahan-bahan produksi yang menggunakan kedelai sebagai bahan utamanya ini dijual dengan harga murah sekitar 60-150 yen saja. Bahkan, di beberapa supermarket, okara dijual secara gratis. Lalu, apa sih manfaat dari okara ini?

       Okara dapat digolongkan ke dalam 'super food' karena sangat rendah lemak, tinggi akan kalsium, protein, dan serat. Dalam makanan Jepang, okara tidak dikonsumsi begitu saja, namun ada makanan lain yang mendampingi. Biasanya, okara sering digunakan untuk membuat 'unohana', masakan tradisional Jepang yang mencampurkan okara dengan wortel, daun bawang, jamur shitake, shoyu, mirin, dan konyaku.

       Selain menjadi makanan pendamping, okara juga menjadi pilihan yang tepat bagi para vegetarian yang ingin mengganti tepung pastri mereka. Okara juga dapat menjadi pengganti telur karena kandungan proteinnya yang sangat tinggi. Okara bisa menjadi pilihan bahan makanan bagi kalian yang ingin mengkonsumsi makanan sehat!

Untuk Informasi mengenai sekolah, beasiswa, bekerja, dan wisata ke Jepang dapat menghubungi kami melalui website https://mislanguageschool.co.id/

Sumber:

https://savvytokyo.com/do-you-know-what-this-is-okara/

Sumber gambar:

https://kumiko-jp.com/wp-content/uploads/jsonld/2014/04/3P9A7969-4_4x3.jpeg