Tradisi Halloween di Jepang

Ditulis oleh: Administrator, 23-10-2020

      Di Jepang, tradisi merayakan Halloween mulai populer sejak tahun 2000, ketika Tokyo Disneyland mengadakan acara Halloween pertama di Jepang. Uniknya, perayaan Halloween di Jepang sedikit berbeda dengan perayaan di Amerika. Orang-orang di Jepang cenderung tidak terlalu mempedulikan tradisi penting yang selalu ada pada setiap perayaan Halloween di Amerika, misalnya saja tradisi “Trick-or-Treat”. Hal ini dikarenakan Halloween sendiri merupakan fenomena baru di tengah-tengah masyarakat.

      Orang Jepang memiliki cara tersendiri untuk merayakan Halloween. Anak-anak muda cenderung berfokus pada kostum Halloween. Mereka akan berkumpul di klub malam, taman hiburan, bar, dan bahkan pesta yang diadakan di jalanan dengan menggunakan kostum-kostum Halloween. Kostum-kostum yang umum digunakan pada saat Halloween seperti penyihir, monster, iblis, dan kucing hitam akan banyak terlihat. Tidak hanya itu, orang-orang juga akan berpakaian seperti karakter anime favorit mereka. Di tempat seperti Ikebukuro, pusat dari pop-culture Jepang, orang-orang yang berpakaian seperti karakter anime akan banyak ditemukan. Terdapat dua took retail yang memberikan diskon besar untuk kostum-kostum Halloween, yakni Don Quijote dan Daiso.

      Pesta yang diadakan di jalanan ini biasanya dilakukan di spot-spot yang populer seperti taman atau town square. Untuk kota besar seperti Tokyo, orang-orang akan berkumpul di tempat seperti Roppongi Hills dan Shibuya. Parade besar akan dilakukan di jalanan dan diikuti oleh ribuan orang dengan berbagai macam kostum.

      Untuk lebih menyemarakkan perayaan, kue atau manisan khas Halloween juga akan banyak dijual. Yang paling populer adalah kue berbentuk Jack-O-Lanterns yang terbuat dari labu. Di restoran atau toko roti juga menyediakan hidangan pencuci mulut sebagai menu terbatas saat Halloween. Selain kue, kereta-kereta juga disulap sedemikian rupa untuk semakin menyemarakkan suasana Halloween.

      Jika memiliki budget berlebih dan ingin mendapat suasana Halloween yang lain, bisa juga pergi ke taman hiburan yang akan mengadakan event-event khusus Halloween. Misalnya saja Tokyo Disneyland, salah satu taman hiburan yang populer di Jepang. Saat malam hari, akan ada parade tarian dari hantu dan goblin. Didukung dengan dekorasi taman yang benar-benar Halloween menjadikan Tokyo Disneyland tempat yang sesuai untuk merayakan Halloween. Selain Tokyo Disneyland, taman hiburan populer yang cocok sebagai tempat merayakan Halloween adalah Universal Studio Osaka dan Sanrio Puroland.

Untuk Informasi mengenai sekolah, beasiswa, bekerja, dan wisata ke Jepang dapat menghubungi kami melalui website https://mislanguageschool.co.id/

Sumber:

https://www.jrailpass.com/blog/halloween-in-japan

Sumber gambar:

https://d38fgd7fmrcuct.cloudfront.net/1_3se4c94lk2nkabqo3ichb.jpg