Sanma, Ikan Perak Favorit Orang Jepang saat Musim Gugur

Ditulis oleh: Administrator, 29-10-2020

        Salah satu makanan musim gugur yang wajib di Jepang adalah ikan 'sanma'. Tahukah kalian apakah ikan sanma tersebut?

        Sanma adalah bahasa Jepang dari ikan 'Pacific Saury', ikan tipis berwarna perak yang digemari orang Jepang saat musim gugur. Dalam bahasa Jepang, sanma ditulis dengan huruf kanji '秋刀魚' yang secara harfiah diterjemahkan menjadi 'ikan pedang musim gugur'. Nama tersebut berasal dari fakta bahwa sanma ditangkap di musim gugur, berbentuk panjang tipis dan berwarna perak seperti pedang.

        Sanma biasanya ditangkap dari akhir Agustus hingga November ketika mereka kembali ke selatan untuk bertelur. Semakin mendekati akhir musim gugur, maka semakin banyak lemak yang terbentuk pada ikan tersebut sehingga rasanya semakin enak. Di Jepang, hampir setengah dari semua ikan sanma ditangkap di Hokkaido, dan sisanya sebagian besar ditangkap di sepanjang pantai timur Jepang.

        Lalu bagaimana orang Jepang menyantap ikan sanma? Hidangan sanma paling populer adalah 'shioyaki', yang berarti dipanggang dengan garam. Hidangan dengan cara tersebut merupakan cara yang paling tradisional dan paling mudah. Bahkan ada festival sanma yang populer di Tokyo yang menampilakn ribuan sanma panggang lho!

Untuk Informasi mengenai sekolah, beasiswa, bekerja, dan wisata ke Jepang dapat menghubungi kami melalui website https://mislanguageschool.co.id/

Sumber:
https://favy-jp.com/topics/2969#:~:text=Sanma%20is%20the%20Japanese%20word,silver%2C%20much%20like%20a%20sword

Sumber gambar:
https://d3l76hx23vw40a.cloudfront.net/recipe/gy40-027b.jpg