Hidangan Natal Favorit Masyarakat Jepang

Ditulis oleh: Administrator, 27-11-2020

         Menjelang natal, apa saja yang sudah kalian persiapkan? Pohon natal, dekorasi rumah yang apik, hadiah untuk orang-orang tercinta, dan yang tidak boleh terlewat tentu saja makanannya! Kalau di Jepang ada salah satu makanan wajib yang tersedia di meja makan saat hari natal, lho, yakni KFC atau Kentucky Fried Chicken! Kenapa ya KFC menjadi salah satu hidangan wajib saat natal di Jepang?

         Siapa sih yang tidak kenal dengan ayam goreng tepung yang lezat ini? KFC sudah membuka cabang restaurannya di seluruh dunia tidak terkecuali di Jepang. KFC sendiri pertama kali membuka gerainya di Jepang pada awal tahun 1970-an di Osaka, sebagai bisnis kerjasama antara perusahaan KFC dengan Mitsubishi Corporation. Namun, setelah setahun dibuka, KFC di Jepang justru mengalami kerugian yang cukup signifikan. Awalnya, Mitsubishi Corporation mempertimbangkan untuk memutus kerjasama dengan KFC, tapi akhirnya berubah pikiran untuk mengganti strategi bisnis mereka.

         Pada natal tahun 1974 KFC di Jepang memulai sebuah kampanye pemasaran yang bertahan hingga saat ini bahkan menjadi sebuah tradisi di Jepang yaitu ‘kurisumasu wa kentakkii!yang memiliki arti “Kentucky untuk perayaan natal!”. Kampanye ini sendiri terinspirasi dari perayaan natal di negara barat yang menyediakan kalkun sebagai hidangan wajib natal. Namun, karena di Jepang sulit sekali untuk mencari kalkun, banyak penduduk asing di Jepang yang merayakan natal mengganti kalkun dengan KFC. Hal tersebut dilihat KFC sebagai kampanye bisnis mereka, dan sukses besar hingga kini.

         KFC di Jepang masih memiliki rekor penjualan tertinggi ketika natal setiap tahunnya hingga sekarang. Bahkan ketika menjelang natal, antrian di KFC bisa mengular sehingga pembeli harus menunggu selama 2 jam! Saat natal KFC juga menyediakan paket khusus natal lengkap dengan kue dan salad dengan harga yang bisa mencapai 5,000 yen atau sekitar 500,000 rupiah. Apakah kalian juga mau mencoba merayakan natal dengan KFC juga?

Untuk Informasi mengenai sekolah, beasiswa, bekerja, dan wisata ke Jepang dapat menghubungi kami melalui website https://mislanguageschool.co.id/

Sumber:

The Diplomat: Quiqley, J.T. 2013. A Kentucky Fried Christmas in Japan. https://thediplomat.com/2013/12/a-kentucky-fried-christmas-in-japan/.

Culture Trip: Joy, Alicia. 2016. Why Does Japan Eat KFC At Christmas?. https://theculturetrip.com/asia/japan/articles/why-does-japan-eat-kfc-at-christmas/.

Sumber gambar:

https://178784a943452bc1b932497471d91a10.cdnext.stream.ne.jp/img/index/kv.jpg