Bangau Mahkota Merah - Burung Langka Hokkaido

Ditulis oleh: Administrator, 03-12-2020

     Bangau Jepang atau Tanchou(丹頂)adalah spesies burung langka nan anggun yang berasal dari daerah Hokkaido, Jepang. Burung ini juga dikenal dengan sebutan Bangau Mahkota Merah atau Bangau Manchuria. Ciri khas dari burung ini adalah dahi berwarna merah yang tampak seperti mahkota, yang muncul pada burung dewasa.

     Masyarakat Jepang mengira bahwa Bangau Mahkota Merah telah hilang pada abad 20, namun nyatanya burung ini masih ada di daerah Hokkaido. Awalnya, pada tahun 1926 hanya terdapat 20 ekor burung. Pemerintah Jepang telah mengambil berbagai tindakan untuk menyelamatkan spesies langka ini. Kini terdapat sekitar 1000 ekor yang hidup di Hokkaido.

     Bangau Mahkota Merah hanya terdapat di daerah Hokkaido, tepatnya Kota Kushiro. Hal ini dikarenakan cuaca di Hokkaido yang dingin bahkan saat musim panas cocok sebagai habitat mereka. Pada umumnya Bangau Mahkota Merah tidak melakukan migrasi. Migrasi dilakukan karena perubahan cuaca dan musim kawin. Namun karena Hokkaido merupakan tempat paling aman bagi spesies ini untuk hidup, maka migrasi tidak dilakukan. Musim kawin Bangau Mahkota Merah dimulai pada bulan April hingga Mei. Untuk memikat betina, para jantan melakukan tarian yang kemudian dilakukan bersama apabila betina tertarik.

     Di Jepang, Bangau Mahkota Merah melambangkan umur panjang, keberuntungan dan kebahagiaan. Burung ini juga sering muncul di berbagai karya seni seperti lukisan, kipas bahkan cerita rakyat. Konon ada kelompok masyarakat adat yang melakukan tarian tradisional bangau di Hokkaido.

Untuk Informasi mengenai sekolah, beasiswa, bekerja, dan wisata ke Jepang dapat menghubungi kami melalui website https://mislanguageschool.co.id/

Sumber artikel : https://www.kyuhoshi.com/japanese-crane-in-hokkaido/

Sumber gambar : https://s3-eu-west-1.amazonaws.com/travellocal-production/content/259691c0-b3b9-4b0f-823f-c62bd4698aae-Japan-crane-winter_large.jpg