Capsule Hotel di Jepang

Ditulis oleh: Administrator, 04-12-2020

          Hotel merupakan kebutuhan yang wajib dipenuhi ketika kita sedang melakukan sebuah perjalanan, karena hotel menjadi rumah sementara kita dimana kita bisa beristirahat setelah melakukan aktifitas di tempat tujuan kita. Namun, tak jarang biaya yang diperlukan untuk menyewa satu kamar hotel cukup mahal, meskipun secara kebutuhan kita hanya membutuhkan hotel sebagai tempat beristirahat. Dari sinilah tercipta inovasi hotel dengan biaya sewa yang sangat murah, namun benar-benar menekankan pada konsep hotel sebagai tempat beristirahat saja, yaitu capsule hotel.

          Capsule hotel merupakan sebuah inovasi yang lahir di Jepang, sebelum akhirnya meyebar ke seluruh dunia termasuk ke Indonesia. Dinamakan capsule hotel dikarenakan berbeda dengan konsep hotel yang kita ketahui selama ini, capsule hotel hanya menawarkan satu hal saja dari kamar hotelnya, yaitu tempat tidur. Seperti namanya, satu kamar yang ada di dalam capsule hotel hanya seukuran satu futon dan tentu saja, hanya memuat satu orang. Namun dikarenakan hal ini, meskipun bangunannya kecil, satu capsule hotel dapat memuat puluhan “kamar’. Meskipun kamar yang disediakan hanya berfungsi sebagai kamar tidur, anda tidak perlu khawatir dengan barang bawaan anda dikarenakan pihak hotel juga menyediakan loker untuk menyimpan barang berharga anda. Tak hanya itu, pihak hotel juga menyediakan fasilitas standar hotel seperti restoran, lounge, maupun kamar mandi, meskipun untuk kamar mandi digunakan secara umum bersama dengan tamu hotel lain.

          Pada awalnya, capsule hotel digunakan sebagai tujuan darurat khususnya bagi pekerja Jepang ketika terjadi hal-hal yang diluar rencana, seperti ketinggalan kereta terakhir, ataupun kadang terlalu mabuk untuk bisa pulang ke rumah dengan aman. Seiring berjalannya waktu, capsule hotel menjadi populer di kalangan masyarakat, khususnya bagi wisatawan asing dikarenakan biayanya yang murah. Selain itu, capsule hotel juga menjadi opsi bagi warga Jepang yang terpaksa kehilangan rumahnya sehingga harus mencari tempat tinggal sementara.

Untuk Informasi mengenai sekolah, beasiswa, bekerja, dan wisata ke Jepang dapat menghubungi kami melalui website https://mislanguageschool.co.id/

Sumber:

https://en.wikipedia.org/wiki/Capsule_hotel

https://www.japan-guide.com/e/e2025_capsule_hotels.html

Sumber gambar:

https://s3-ap-northeast-1.amazonaws.com/tabi-channel/upload_by_admin/tokyo_capsulehotel_origin.jpg