Tahun Baru Akan Tiba! Yuk, Buat Nengajo!

Ditulis oleh: Administrator, 24-12-2020

    Nengajo (年賀状) adalah kartu ucapan tahun baru yang merupakan cara paling menyenangkan dan mudah untuk menghargai orang-orang yang kita sayangi selama satu tahun kebelakang. Namun, tetap ada aturan tentang siapa, kapan, dan bagaimana mengirim Nengajo, bahkan ada beberapa batasan berdasarkan apa yang sudah terjadi di tahun sebelumnya.
    Langkah pertama jika kalian ingin mencoba budaya Nengajo di Jepang tentu saja kalian harus membeli kartu ucapan, atau kalian juga bisa membuat sendiri lho! Beberapa orang ada yang memilih untuk menambahkan foto keluarga mereka.
    Langkah kedua tentu saja menulis pesan yang ingin kalian sampaikan. Bahasa Jepang memiliki banyak frasa yang biasanya digunakan untuk mengawali pesan dalam Nengajo, dan tentu saja kalian juga harus menulis pesan pribadi setelahnya. Frasa-frasa yang sering digunakan adalah akemashite omedetou gozaimasu (あけましておめでとうございます) dan  shinnen omedetou gozaimasu (新年おめでとうございます) yang sama-sama memiliki arti 'selamat tahun baru'.
    Langkah ketiga setelah menulis pesan adalah, tentu saja dikirim melalui kotak pos! Biasanya, Nengajo yang kita beli sudah termasuk perangko. Japan post mulai menerima Nengajo mulai tanggal 15 Desember dan berusaha sebaik mungkin agar semua Nengajo dapat sampai ke tempat tujuan tepat di tanggal 1 Januari. Apabila kalian terlambat, kalian tetap bisa mengirim surat hingga tanggal 7 Desember, pengiriman melebihi tanggal tersebut akan dianggap tidak dapat diterima secara sosial.
    Perlu diingat bahwa kalian tidak boleh mengirimkan Nengajo kepada orang yang kehilangan salah satu anggota keluarga di tahun sebelumnya. Biasanya orang tersebut akan mengirimkan mochuu hagaki (喪中はがき) atau kartu pos berkabung untuk memberi tahu agar kalian tidak perlu mengirimkan Nengajo.
    Bagi kalian yang ingin mengirim Nengajo, jangan lupa ingat langkah-langkah di atas ya!

Untuk Informasi mengenai sekolah, beasiswa, bekerja, dan wisata ke Jepang dapat menghubungi kami melalui website https://mislanguageschool.co.id/

 

Sumber:
https://blog.gaijinpot.com/nengajo-japanese-new-years-postcard/

Sumber gambar:
https://online.brother.co.jp/-/media/BOL/PrintTerrace/nenga_magazine/PC/31/img01.jpg