5 Rekomendasi Tempat Terbaik Melihat Matahari Terbit di Jepang

Ditulis oleh: Administrator, 26-12-2020

        Orang Jepang memiliki kepercayaan yang disebut Toshigami, yaitu mereka percaya bahwa para Dewa dan arwah dari para leluhur sampai mengunjungi bumi ketika matahari pertama di tahun baru terbit. Apabila kita berdiri di luar sambil memandang matahari terbit dan membuat sebuah permohonan, makan kita akan diberkati oleh Toshigami dan mimpi kita akan menjadi kenyataan.

        Dalam bahasa Jepang, kegiatan menyaksikan matahari terbit pada saat tahun baru disebut dengan Hatsuhinode. Sama halnya dengan Hatsumode yaitu mengunjungi kuil untuk pertama kali di tahun baru, dan Hatsuyume yaitu mimpi pertama di tahun baru. Menurut kepercayaan orang Jepang, kegiatan hatsuhinode dapat mengabulkan permintaan-permintaan kita. Beberapa orang mengatakan bahwa kegiatan melihat matahari terbit yang paling indah adalah di gunung Fuji. Namun, untuk mendaki gunung Fuji pada saat tahun baru tidaklah memungkinkan dikarenakan bulan Desember dan Januari adalah musim dingin, sehingga cuaca di gunung Fuji pasti sangatlah dingin. Untungnya di Jepang, tidak hanya di gunung Fuji saja, masih banyak spot-spot yang tepat untuk melihat matahari terbit dengan jelas.

        Berikut adalah rekomendasi 5 tempat terbiak untuk melihat matahari terbit di Jepang menurut Japan Today:

1. Gunung Ryugatake, Yamanashi Perfecture (pada pukul 6:55 pagi)

Bila kita tidak bisa mendaki gunung Fuji, maka kita tetap bisa menikmati pemandangannya dari pegunungan lain yaitu Ryugatake, yang membutuhkan waktu hanya 1 jam dari tempat parkir sampai di puncak tertinggi untuk menikmati matahari terbit. Karena masih di daerah pegunungan, maka jangan lupa untuk memakai pakaian yang hangat.

2. Tokyo Skytree (pada pukul 6:50 pagi)

        Tokyo Skytree menyediakan fasilitas khusus pada tanggal 1 Januari pukul 5:30 sampai 7:30 pagi bagi pengunjung yang ingin menikmati matahari terbit di tahun baru. Terdapat tempat khusus bagi 890 pengunjung yang beruntung sehingga mereka dapat melihat keindahan matahari terbit dari ketinggian 350 meter. Tetapi pengunjung harus membeli tiket seharga 7000 yen sehingga mereka mendapat fasilitas lengkap dari Skytree. Bagi para pengunjung yang tidak ingin membeli tiket atau tidak mendapat bagian tiket tersebut, pengunjung tetap bisa menikmati pemandangan matahari terbit dari area Skytree.

3. Kuil Owarifuji Omiyasengen, Inuyama, Aichi Perfecture (pada pukul 7:00 pagi)

        Kuil Owarifuji adalah kuil yang sangat indah yang terletak puncak gunung Owarifuji di perfektur Aichi. Di sini kita bisa menikmati pemandangan pedesaan 360 derajat dari puncak gunung. Kuil owarifuji didedikasikan untuk Dewa yang berhubungan dengan anak-anak, sehingga tempat ini terkenal sebagai tempat hatsuhinode bagi keluarga dengan anak-anaknya.

4. Kuil Yoshiminedera, Kyoto Perfecture (pada pukul 7:05 pagi)

        Kuil ini terletak di bagian barat Kyoto. Di kuil ini kita bisa menikmati pemandangan matahari terbit dengan pemandangan kuil di sebelah kiri kita. Tempat ini merupakan tempat yang populer bagi para fotografer, jadi jika kalian ingin menikmati matahari terbit di kuil ini, datanglah lebih awal agar bisa mendapatkan spot terbaik untuk melihat matahari terbit.

5. Goryokaku Tower, Hakodate, Hokkaido Perfecture (pada pukul 7:05 pagi)

        Benteng yang berbentuk bintang di Hakodate ini merupakan tempat yang indah untuk melihat matahari terbit, terutama dari Goryokaku Tower, yang apabila kita melihat dari tower tersebut, kita dapat melihat pemandangan benteng dan kota Hakodate secara keseluruhan. Pada saat musim dingin, Goryokaku akan tertutupi oleh salju dan hal tersebut menambah nilai keindahan dari benteng tersebut. Tempat ini memiliki tempat yang terbatas, sehingga jika kalian ingin menikmati matahari terbit di sini, kalian harus datang lebih awal.

        Nah, dari ke-5 rekomendasi di atas, kira-kira minna-san jika pergi Jepang pada tahun baru, pastikan untuk meluangkan waktu melakukan hatsuhinode dan pilihlah tempat atau spot terbaik untuk menikmatinya, ya!

Untuk Informasi mengenai sekolah, beasiswa, bekerja, dan wisata ke Jepang dapat menghubungi kami melalui website https://mislanguageschool.co.id/

Sumber                :https://japantoday.com/category/features/lifestyle/6-recommended-places-to-see-the-first-sunrise-of-2019-in-japan

Sumber Gambar : https://www.japantimes.co.jp/life/2017/12/29/travel/comes-sun-recommended-hatsuhinode-spots/