Superfoods ala Jepang untuk Menjaga Imun Tubuh

Ditulis oleh: Administrator, 07-01-2021

         Di tengah pandemi seperti sekarang ini, selain mengkonsumsi vitamin, tentunya makanan yang kita makan juga harus mengandung banyak vitamin yang dapat melindungi imun tubuh kita. Superfoods, adalah makanan-makanan yang mengandung banyak sekali manfaat baik bagi tubuh kita. Jepang memiliki banyak sekali superfoods, terutama pada makanan tradisionalnya. Lalu, makanan seperti apa saja sih yang digolongkan sebagai superfoods di Jepang?

         Kalian pasti sudah tidak asing dengan matcha, kan? Matcha sudah dikonsumsi di Jepang sejak tahun 1191. Matcha terbuat dari daun teh dengan kualitas yang paling bagus, dipotong batangnya, lalu digiling menjadi bubuk. Bubuk tersebut kemudian dicampur dengan air sehingga kita mengkonsumsi seluruh daunnya. Berbeda dengan teh hijau biasa di mana daunnya direndam dalam air panas kemudian dibuang. Matcha dipenuhi dengan antioksidan yang dapat mencegah penyakit seperti kolesterol tinggi. Matcha juga dapat meningkatkan metabolisme tubuh kita!

         Superfoods selanjutnya adalah Miso. Miso memiliki beberapa jenis, yaitu shiro miso yang difermentasi lebih dari 2 bulan, shinsu miso yang memiliki rasa lebih ringan dan difermentasi sedikit lebih lama dari shiro miso, dan aka miso atau miso merah yang difermentasi hingga 3 tahun sehingga memiliki rasa yang lebih pekat dan lebih asin. Miso memiliki kandungan probiotik yang dapat meningkatkan imun tubuh kita. Miso juga mengandung protein tinggi, vitamin E, vitamin, K dan vitamin B.

         Jika membicarakan tentang makanan bergizi ala Jepang, tentu saja natto masuk ke dalam daftar! Natto bisa jadi makanan yang dibenci, bisa pula menjadi makanan yang disukai oleh beberapa orang. Natto terbuat dari kacang kedelai yang difermentasi hingga memiliki tekstur yang lengket. Natto dikatakan baik untuk Kesehatan tulang dan dapat mencegah osteoporosis karena kaya akan kandungan vitamin K2.

         Beberapa dari superfoods di atas sangat mudah ditemukan di convenience store di Jepang, bahkan juga mudah ditemukan di beberapa toko atau supermarket di Indonesia lho!

Untuk Informasi mengenai sekolah, beasiswa, bekerja, dan wisata ke Jepang dapat menghubungi kami melalui website https://mislanguageschool.co.id/

Sumber:

https://savvytokyo.com/7-japanese-superfoods-to-boost-your-immune-system/

Sumber gambar:

https://images.squarespace-cdn.com/content/560dbc25e4b0969564758eb5/1586390644974-NTDX196DLU3PHQPEDYW5/SuperFoods-14_small.jpg?format=1500w&content-type=image%2Fjpeg