Monjayaki, Saudara Kembar Okonomiyaki dengan Penyajian Berbeda

Ditulis oleh: Administrator, 08-01-2021

        Bagi kalian yang menggemari masakan Jepang, tentu sudah tidak asing dengan Okonomiyaki. Masakan yang serupa dengan omelette ini digemari oleh banyak orang termasuk di Indonesia. Namun, apakah kalian mengetahui bahwa okonomiyaki memiliki jenis lain yang serupa, namun dengan penyajian yang berbeda? Nama hidangan tersebut adalah monjayaki.

        Pada awalnya, monjayaki berasal dari sebuah hidangan yang bernama funomaki dan dibuat sebagai makanan penutup. Namun seiring dengan berkembangnya jaman, makanan ini semakin menyebar di kalangan masyarakat dan mulai dikenal dengan nama lain, yaitu monjayaki. Tak hanya berhenti sampai di situ, setelah kepopulerannya monjayaki kembali berkembang hingga menjadi okonomiyaki seperti yang kita kenal sekarang ini.

        Perbedaan mendasar yang ada pada monjayaki dan okonomiyaki adalah pada bentuknya. Isian atau bahan yang digunakan kurang lebih sama, seperti sayur, daging, dan sebagainya. Namun, berbeda dengan okonomiyaki yang berbentuk padat layaknya omelette, monjayaki tidak berbentuk dan lebih encer dikarenakan larutan tepung yang digunakan jauh lebih encer. Dikarenakan wujudnya ini pula, apabila kalian makan di restoran secara langsung, monjayaki tidak dimakan diatas piring, melainkan langsung diatas teppan atau tempat penggorengannya, dan dimakan menggunakan hagashi atau sodet berukuran kecil. Sama seperti okonomiyaki, kalian dapat menemui restoran yang menyediakan monjayaki dk berbagai tempat, terutama di daerah Tokyo.

Untuk Informasi mengenai sekolah, beasiswa, bekerja, dan wisata ke Jepang dapat menghubungi kami melalui website https://mislanguageschool.co.id/

Sumber:

https://www.fun-japan.jp/id/articles/7827

Sumber gambar:

https://www.asahibeer.co.jp/tools/image_quality.psp.html?PATH=/web-service/common/util/recipe/pic/0000001727a.jpg