Tatami: Ruang Tradisional Jepang yang Tetap Hidup di Hunian Modern

Ditulis oleh: Administrator, 14-01-2021

        Tatami berasal dari kata Bahasa Jepang tatamu (畳む) yang berarti ‘melipat’, yaitu melipat kemudian menyimpan matras yang sedang tidak digunakan. Secara tradisional tatami ditenun dari jerami padi dan memiliki ukuran 910 mm x 1.820 mm yang dapat digunakan untuk duduk atau tidur agar beristirahat di lantai lebih nyaman. Sementara itu, ruang tatami yang bergaya tradisional Jepang atau lebih dikenal dengan washitsu (和室) adalah ruang yang dilengkapi dengan alas tatami sebagai elemen lantai. Selama periode Muromachi, ruangan tersebut berfungsi untuk ruang belajar bagi orang kaya sampai akhirnya ruangan tersebut menjadi tidak asing lagi bagi rakyat menengah ke bawah sebagai tempat tinggal atau tidur.

       Tatami sangat penting untuk rumah Jepang sehingga ukuran kamar biasanya diukur dengan jumlah tatami yang muat di dalamnya. Penggunaan tatami sebagai alas lantai juga menentukan jenis furniture yang digunakan orang Jepang.

       Komponen lain dalam ruang tatami tentu saja ada fusuma, yaitu pintu yang dapat digeser dari sisi ke sisi. Pintu ini biasanya digunakan di antara kamar yang berdampingan yang berfungsi sebagai dinding yang dapat dibongkar pasang, memungkinkan satu ruang untuk ditutup atau dibuka sesuai kebutuhan.

       Partisi lain dalam washitsu merupakan shouji, yaitu jendela yang terbuat dari kisi-kisi kayu yang dilapisis kertas transparan yang memungkinkan cahaya alami mengalir ke dalam ruangan. Dan tentu saja, ada pula oshiire, yaitu lemari kecil yang digunakan untuk penyimpanan di ruang tatami. Karena kebanyakan orang Jepang tidur di atas lantai, seringnya oshiire digunakan sebagai tempat penyimpanan futon, bantal, selimut, dan kain-kain. Namun seiring berjalannya waktu, masyarakat Jepang juga sudah banyak yang menggunakan tempat tidur bergaya barat, oshiire digunakan untuk menyimpan barang-barang lain atau dialihfungsikan menjadi lemari pakaian.

Untuk Informasi mengenai sekolah, beasiswa, bekerja, dan wisata ke Jepang dapat menghubungi kami melalui website https://mislanguageschool.co.id/

Sumber:

https://savvytokyo.com/tatami-room-the-heart-of-japanese-contemporary-home/

Sumber gambar:

https://aizu.ooedoonsen.jp/uploads/tmg_block_page_image/file/15849/e88911e3-43d4-415c-9c21-34a638b5d3d2.jpg