Heisenji Hakusan: Kuil Lumut di Fukui

Ditulis oleh: Administrator, 15-01-2021

        Prefektur Fukui, dulunya disebut Echizen, merupakan daerah di Jepang yang sangat indah. Secara geografis, Fukui terletak di samping Laut Jepang dan dikelilingi oleh banyak gunung besar. Karena faktor tersebut, Fukui terkenal dengan iklimnya yang naik turun menyebabkan hujan dan salju sesekali turun sepanjang tahun.

        Hakusan (Gunung Haku) yang terletak di ketinggian 2702m dan merupakan bagian dari taman nasional adalah ikon religious Hakusan Sangaku Shinko (penganut Buddha Hakusan). Maka dari itu, daerah ini dianggap sebagai tempat spiritual yang penting bagi masyarakat Echizen.

        Kuil Heisenji Hakusan berlokasi di Kota Katsuyama dan didirikan pada tahun 717 oleh Taicho (biksu shugendo pada periode Nara). Heisenji awalnya merupakan gabungan dari aliran Shinto dan Buddha namun diubah secara resmi menjadi Shinto setelah Shinbutsu Bunri (tata cara membedakan Shinto dan Buddha) pada periode Meiji. Luas Heisenji dipercaya sepuluh kali lebih besar dari yang sekarang, terdiri dari 48 kuil Shinto dan 36 kuil Buddha.

        Lokasi indah lainnya di Heisenji adalah Kolam Mitarai. Kolam ini dianggap istimewa karena merupakan asal mula penamaan “Heisenji”. Pemandangan hijau yang dipantulkan kolam ini menciptakan pemandangan yang menakjubkan dan dengan indah menggambarkan aspek mitologi dari tempat ini. Di sebelah Kolam Mitarai terdapat pohon dengan ujung batang yang tumbuh menjadi tiga bagian. Pohon misterius ini ditanam oleh Taicho dan dianggap sebagai tempat suci di Heisenji.

Untuk Informasi mengenai sekolah, beasiswa, bekerja, dan wisata ke Jepang dapat menghubungi kami melalui website https://mislanguageschool.co.id/

Sumber:

https://taiken.co/single/the-moss-shrine-of-fukui-heisenji-hakusan-shrine-and-dynamics-of-tojinbou/

Sumber gambar:

https://cdn.hokurikuandtokyo.org/front_assets/images_other/spot/middle/heisenji-hakusan1.jpg