Dobuchi, Selat Tersempit di Dunia

Ditulis oleh: Administrator, 22-01-2021

        Selat Dobuchi di Shodoshima merupakan selat yang tercatat dalam Rekor Dunia Guinness (Guinness World Record) sebagai selat tersempit sedunia. Jika dilihat sepintas pada peta, Shodoshima terlihat memiliki satu pulau, namun sebenarnya terdiri dari dua pulau. Kota utama di Shodoshima tersebar di dua pulau, yaitu Shodoshima dan Maejima. Kedua pulau ini dipisahkan oleh Selat Dobuchi.

        Selat Dobuchi memiliki panjang sekitar 2,5 kilometer dan memiliki lebar selat yang semakin menyempit menjadi kurang dari 10 meter di area tengah Kota Tonosho. Area tersempit ini terletak sekitar 1.3 kilometer dari arah timur Pelabuhan Tonosho. Di bagian tersempit ini dibangun serangkaian lengkungan baja berbentuk tabung di atasnya. Area ini seolah terlihat seperti sungai atau kanal biasa padahal sebenarnya tempat itu merupakan selat yang memisahkan dua pulau. Para turis dapat menerima sertifikat telah ‘menyebrangi’ selat tersempit di dunia, dengan cara mengunjungi balai kota yang terletak tepat di sebelah selat dan membayar sebesar 100 yen.

Untuk Informasi mengenai sekolah, beasiswa, bekerja, dan wisata ke Jepang dapat menghubungi kami melalui website https://mislanguageschool.co.id/

Sumber:

https://www.japanallover.com/2016/01/dobuchi-strait-shodoshima/

Sumber gambar:

Dokumentasi pribadi