Kentalnya Sejarah Jepang di Kakunodate Samurai District

Ditulis oleh: Administrator, 19-02-2021

              Kakunodate merupakan salah satu destinasi wisata di Jepang yang sangat terkenal terutama saat musim semi dan musim gugur. Kakunodate adalah sebuah samurai district yang terletak di Prefektur Akita. Seperti sebutannya, di tempat ini banyak sekali rumah samurai kuno (bukeyashiki), kuil dan tempat-tempat suci, dan ada pula beberapa bengkel dan gudang kuno. Tempat ini juga dikenal sebagai "Little Kyoto of Tohoku", karena memang suasana tempatnya yang mirip seperti di Kyoto yang penuh dengan sejarah Jepang.

              Kakunodate terletak hanya 1 menit berjalan kaki dari Stasiun JR Kakunodate. Di sini, kalian dapat menyewa kimono sambil jalan-jalan menikmati suasana perkampungan kuno di bawah rindangnya pohon sakura saat musim semi atau pepohonan yang berubah berwarna merah di musim gugur.

image

              Tujuan yang pertama dituju saat mengunjungi tempat ini adalah Odano House, merupakan rumah samurai yang paling simpel dari semua rumah samurai yang ada di tempat ini. Meskipun papan atap pelana, atau yang biasa disebut hafu sudah tidak ada lagi dikarenakan rekonstruksi setelah kebakaran di Meiji tahun 1900, namun dedaunan dari pohon-pohon di tempat ini tetaplah mempesona. Pemandangan sekitar Odano House ditandai dengan pohon mapel yang paling tinggi di area ini dengan ketinggian 20 meter.

              Rumah samurai kedua adalah Kawarada House, di mana tempat ini merupakan kediaman keluarga Kawarada yang merupakan keturunan dari klan Ashina yang telah pindah dari Aizu ke Kakunodate. Kawarada House ditandai dengan halaman kecil dengan vegetasi hijau segar saat musim panas dan dedaunan berwarna-warni saat musim gugur.

image

              Rumah yang ketiga merupakan Nishinomiya House, merupakan keluarga pedagang yang paling kaya di zaman Meiji hingga zaman Taisho. Di masa sekarang, bangunan dari rumah tersebut, termasuk bangunan utama, telah direkonstruksi menjadi tempat terkenal yang mewakili Jalan Tamachi Bukeyashiki. Sebenarnya, masih ada banyak sekali rumah samurai yang bisa kalian datangi di Kakunodate, namun ketiga tempat di atas merupakan rumah samurai yang memiliki ciri khas tersendiri dan memiliki taman yang indah.

              Jika kalian berwisata ke Prefektur Akita, jangan lupa menikmati sejarah samurai ke Kakunodate ya!

Untuk Informasi mengenai sekolah, beasiswa, bekerja, dan wisata ke Jepang dapat menghubungi kami melalui website https://mislanguageschool.co.id/

Sumber:

https://www.gltjp.com/en/article/item/11635/

Sumber gambar:

https://www.onestory-media.jp/images_public/1878_20180411214925_5ace0455e2f8f

https://www.tohokukanko.jp/lsc/upfile/spot/0000/1203/1203_3_l.jpg

https://d1d37e9z843vy6.cloudfront.net/jp/images/4604091/934f8e53349686abddf94670769037d58e275b0d.jpeg