Aktivitas yang Dilakukan Oleh Mahasiswa-Mahasiswa Jepang

Ditulis oleh: Administrator, 11-05-2018

Sebelumnya sudah pernah dibahas kalau kebanyakan mahasiswa Jepang melakukan baito (kerja paruh waktu) di sela-sela kuliah mereka. Namun, tentu saja ada aktivitas lain yang mereka nikmati bersama teman-temannya. Apa saja sih aktivitas yang biasa mereka lakukan?

1. Menonton Bisbol

Olahraga ini memang begitu populer di Indonesia, tapi bisbol selalu dinanti-nanti oleh masyarakat Jepang baik yang masih anak-anak, remaja hingga orang tua. Ada beberapa tim bisbol yang selalu digilai oleh penggemarnya, contohnya Yomiuri Giants yang memiliki kandang di Tokyo, Hiroshima dengan Hiroshima Carp, Softbank Hawks dan lain sebagainya. Jangan salah, saat tim kesayangannya bermain, suasana stadion bisa dibanjiri penonton seperti pertandingan bola di Indonesia.

Mahasiswa pun tidak hanya menikmati pertandingan secara langsung atau menontonnya di televisi. Selain mengikuti ekstrakulikuler bisbol, mereka juga biasa bermain di taman atau lapangan kampus. Bermain bisbol bisa menjadi pengisi waktu luang istirahat menunggu kelas berikutnya dan penghilang rasa bosan.

2.Karaoke

Aktivitas yang satu ini memang tidak berbeda dengan mahasiswa Indonesia yang hobi ke karaoke sampai 2-3 jam. Hanya saja, mahasiswa Jepang biasa ke karaoke malam hari hingga jam 3 atau 4 dini hari supaya mendapat diskon. Karaoke menjadi cara yang ampuh untuk memperdalam hubungan dengan teman dan sarana mendapatkan teman baru. Kebanyakan mahasiswa pergi ke karaoke setelah ujian tengah semester atau ujian akhir semester selesai. Teriak-teriak setelah belajar selama berhari-hari tentu menjadi penghilang stres yang ampuh, ya. Apalagi jika teriaknya bersama teman-teman.

 

3. Belajar untuk Ujian Semester

Sebelum teriak-teriak gembira karena ujian berakhir, mendekati ujian semester, mahasiswa-mahasiswa yang ingin memperoleh nilai bagus akan menyempatkan waktu pergi ke perpustakaan. Perpustakaan dipilih karena banyaknya buku materi kuliah yang tersedia dan yang paling penting, suasananya sangat tenang, sehingga mudah berkonsentrasi. Pada masa-masa ujian ini, perputakaan akan ditutup lebih cepat dari biasanya. Selain perpustakaan, mahasiswa Jepang juga biasa mengajak temannya ke rumah untuk belajar bersama. Mereka menganggap belajar bersama lebih menyenangkan daripada harus belajar sendiri.

4. Minum-minum di Izakaya

Selain karaoke, minum-minum bersama teman di izakaya (kedai minuman) adalah aktivitas yang dilakukan untuk menghilangkan setres. Tidak hanya stres karena kuliah, setres karena percintaan pun bisa dikurangi dengan mabuk-mabukan. Jika pergi ke izakaya, kalian akan menemukan mahasiswa Jepang dengan sifat yang berbeda. Mungkin teman Jepang yang Anda kenal orangnya bisa sangat pemalu atau tertutup, tapi begitu mabuk, bisa-bisa Anda tidak akan mengenal dia lagi. Saat mabuk mereka cenderung mengekspresikan apa pun yang ada di benak mereka. Teman yang biasanya membicarakan pelajaran kuliah bisa membicarakan lawan jenis, masa depan, bahkan perasaannya terhadap kita. Mabuk-mabukan juga menjadi cara untuk mengakrabkan satu sama lain dan mencari teman baru di Jepang.

Jika tertarik untuk mendaftar sekolah bahasa di Jepang, MIS dapat membantu segala prosedurnya. Silakan hubungi melalui website https://mislanguageschool.com atau datang langsung ke MIS.