Kuil Kunozan Toshogu

Ditulis oleh: Administrator, 26-03-2021

        Kuil Kunozan Toshogu adalah kuil yang dibangun untuk menghormati Tokugawa Ieyasu, seorang shogun yang mendirikan Keshogunan Tokugawa. Kuil ini terletak di kota Shizuoka (dulunya disebut Sumpu), tempat di mana Tokugawa menghabiskan masa tuanya sebelum akhirnya meninggal pada tanggal 17 April 1616.

        Sebelum kematiannya, Tokugawa Ieyasu wasiat pada pengikutnya untuk menguburkannya di Kunozan. Tokugawa Hidetada, shogun kedua setelah Ieyasu menjalankan wasiat Ieyasu dan memerintahkan pembangunan kuil untuk menghormati Tokugawa Ieyasu.

        Nakai Masakiyo ditunjuk untuk memimpin pembangunan kuil ini. Pembangunan dimulai dari bulan Mei setelah kematian Ieyasu dan selesai dalam jangka waktu satu tahun tujuh bulan. Kuil ini dibangun menggunakan bahan baku terbaik di masa itu dan akhirnya menjadi model untuk kuil Toshogu lainnya yang ada di seluruh Jepang, termasuk kuil Nikko Toshogu. Kuil Kunozan Toshogu dianggap sebagai mahakarya dari Nakai Masakiyo dan kemudian ditetapkan sebagai Harta Nasional Jepang pada tahun 2010.

        Area kuil Kunozan Toshogu sendiri merupakan area luas dan terdiri dari banyak bangunan dicat merah dengan aksen keemas-emasan serta lukisan dan ukiran yang berwarna-warni. Di utara area kuil ini terdapat situs makam dari Tokugawa Ieyasu. Di luar kompleks kuil ini juga terdapat Museum Kunozan Toshogu yang memperlihatkan barang pribadi Tokugawa Ieyasu dan barang berharga dari kuil, seperti pedang, baju perang dll.

        Kuil Kunozan Toshogu mengadakan berbagai macam ritual dan event setiap tahunnya. Salah satu ritual terbesar adalah Goreisai yang diadakan setiap tahunnya pada tanggal 17 April yang mana merupakan hari kematian Tokugawa Ieyasu. Selama ritual ini, terdapat 50 macam jenis makanan hasil dari pegunungan, sawah maupun laut yang dipersembahkan di atas piring metal.

        Akses untuk menuju kuil Kunozan Toshogu ini ada dua cara. Cara pertama yaitu mendaki tangga berbatu yang disebut omotesando ishidan. Ada 1159 anak tangga dari gerbang torii yang ada di bawah bukit Kunozan. Di puncak anak tangga teratas ada tulisan “いちいちご苦労さん” (ichi ichi gokuro san/kamu sudah berjuang di setiap langkahmu), yang mana merupakan permainan kata dari jumlah tangga yaitu 1159 (ichi ichi go ku). Cara kedua adalah dengan menaiki kereta gantung dari Nihondaira yang beroperasi setiap 10 atau 15 menit sekali.

        Kuil Kunozan Toshogu ini buka di sepanjang tahun. Tiket masuk untuk orang dewasa sebesar 500 yen untuk mengunjungi kuil dan 800 yen untuk mengunjungi kuil dan museum.

Untuk Informasi mengenai sekolah, beasiswa, bekerja, dan wisata ke Jepang dapat menghubungi kami melalui website https://mislanguageschool.co.id/

Sumber artikel: https://www.toshogu.or.jp/english/

https://www.japan-guide.com/e/e6353.html

Sumber foto: https://www.japan-guide.com/e/e6353.html

http://diversity-finder.net/wp-content/uploads/2018/01/kunozantoshogu1.jpg