Maneki-Neko, Jimat Keberuntungan di Jepang

Ditulis oleh: Administrator, 16-04-2021

            Maneki-neko adalah salah satu jimat terkenal di Jepang yang dipercaya oleh orang Jepang bahwa jimat kucing tersebut dapat membawa keberuntungan bagi yang memilikinya. Jimat tersebut berbentuk kucing karena di Jepang, kucing dipercaya dapat membawa keberuntungan dan hal-hal positif lain yang mungkin akan terjadi pada pemilik jimat tersebut. Figur kucing dari jimat tersebut biasanya terbuat dari bahan keramik atau plastik, dengan posisi seperti kucing yang sedang duduk dan salah satu telapak kakinya yang depan melambai ke atas seperti memberi sebuah isyarat. Maneki-neko memiliki beberapa variasi warna dan model yang berbeda. Warna yang paling umum adalah berwarna putih, hitam, emas, dan terkadang berwarna merah.

            Sesuai dengan cerita legenda orang Jepang, suatu ketika ada seorang tuan tanah yang melihat seekor kucing melambaikan telapak kakinya kepada tuan tanah tersebut. Karena terkejut dengan perilaku kucing tersebut, sang tuan tanah menghampiri kucing tersebut. Sesaat setelah tuan tanah datang mendekati kucing itu, petir yang sangat keras tiba-tiba menyambar tepat di titik di mana tuan tanah tersebut berdiri sebelumnya. Kemudian, tuan tanah tersebut mempercayai bahwa nasib baiknya adalah berkat dari lambaian dari kucing tersebut. Oleh karena itu, lambaian tangan kucing tersebut menjadi sebuah lambah keberuntungan.

            Antara lambaian kaki sebelah kiri dan kaki sebelah kanan memiliki makna yang berbeda. Apabila telapak kaki sebelah kanan, maka hal tersebut menandakan keuntungan dalam keuangan dan perekonomian. Apabila telapak kaki sebelah kiri, maka hal tersebut menandakan bahwa akan banyak tamu atau pembeli yang akan datang. Tetapi, sampai saat ini tidak ada maneki-neko yang melambai dengan kedua telapak tangannya. Hal tersebut dipercaya sebagai simbol serakah dan menyerah terhadap sesuatu.

            Maneki-neko di Jepang paling sering terlihat di sebuah toko atau restoran. Seperti yang sudah dijelaskan di paragraf sebelumnya, hal itu berfungsi sebagai jimat untuk menarik datangnya para tamu dan pembeli. Maneki-neko juga bisa diletakkan di atas meja belajar atau disamping tempat tidur untuk yang dipercaya dapat menjauhkan hal-hal yang negatif dari kehidupan kita.

Untuk Informasi mengenai sekolah, beasiswa, bekerja, dan wisata ke Jepang dapat menghubungi kami melalui website https://mislanguageschool.co.id/

Sumber Artikel    : https://www.google.com/search?q=maneki+neko&safe=active&sxsrf=ALeKk02uK4Sxi2K_5tYBvArZiQH4i4Vj2Q:1618538373220&source=lnms&tbm=isch&sa=X&ved=2ahUKEwi2yKmm1YHwAhUKWX0KHZv0BvgQ_AUoAnoECAEQBA&cshid=1618538385412259&biw=1353&bih=822#imgrc=S-l8hOL4mCRMsM

Sumber Gambar : https://allabout-japan.com/en/article/1207/