Yawata Steel Works, Warisan Industri Kota Kitakyushu

Ditulis oleh: Administrator, 06-05-2021

         Kitakyushu merupakan salah satu pusat industri terkemuka Jepang dan pusat perdagangan domestik dan internasional. Kota ini adalah rumah bagi berbagai industri, banyak sekali pabrik dan kilang minyak yang dapat dilihat Ketika mengunjungi kota ini.

         Perjalanan pesat Kitakyushu menuju industrialisasi terjadi selama Zaman Meiji. Karena pelabuhannya yang penting dan kedekatannya dengan tambang batu bara yang sangat produktif, Kitakyushu dipilih sebagai lokasi Pabrik Baja Yawata milik negara, yaitu pabrik baja modern pertama di Jepang. Pabrik tersebut sangat dibutuhkan untuk memenuhi permintaan logam negara untuk memasok industry pembuatan kapal, kereta api, konstruksi dan persenjataan yang sedang berkembang. Pada masa puncaknya, pabrik tersebut memproduksi lebih dari 90% baja nasional.

         Pabrik tersebut telah disahkan menjadi kepemilikan pribadi namun masih beroperasi sampai sekarang. Beberapa bangunan bersejarah dari Zaman Meiji tetap dipertahankan, termasuk bekas kantor pusat dan sebuah bengkel yang menerima status warisan dunia UNESCO pada musim panas tahun 2015. Karena pabrik masih beroperasi, tidak memungkinkan untuk mendekati atau memotret bangunan bersejarah ini, namun pengelola pabrik membuat platform khusus yang didirikan sekitar 200 meter dari pabrik di mana pengunjung dapat melihat bangunan dari kejauhan. Tak jauh dari area pabrik, ada pula Kitakyushu Innovation Gallery ans Studio, yaitu sebuah pusat informasi dan museum tentang warisan industry Kitakyushu.

         Jika kalian menyukai sejarah industry Jepang, tempat ini bisa menjadi salah satu destinasi wisata kalian, lho! Untuk mengunjungi tempat ini tidak perlu mengeluarkan biaya apapun, dan tempat ini dibuka mulai pukul 9.30 hingga 17.00.

Untuk Informasi mengenai sekolah, beasiswa, bekerja, dan wisata ke Jepang dapat menghubungi kami melalui website https://mislanguageschool.co.id/

Sumber:

https://www.japan-guide.com/e/e4882.html

Sumber gambar:

https://p9.itc.cn/q_70/images03/20210311/e57ca1ea15ca49eeaf27fafee4f97096.jpeg