Chagu Chagu Umakko , Festival Lambang Kegagahan Kuda Jepang

Ditulis oleh: Administrator, 28-05-2021

         Festival yang melibatkan sekitar 100 ekor kuda ini berlangsung di Kota Yahaba, Prefektur Iwate. Para kuda didandani dengan sangat meriah dan berparade keliling kota. Mereka berbaris melewati rute sepanjang 13 km. Parade dimulai dari Kuil Onikoshi Sozen menuju Kuil Morioka Hachimangu yang memakan waktu 4 jam. Satu jam sebelum para kuda mencapai jalanan utama Morioka, drumben dan para penari juga pemutar tongkat berparade. Kemudian para kuda mengikuti di belakangnya. Festival ini merupakan agenda rutin setiap musim panas dan diselenggarakan di minggu - minggu pertama bulan Juni.

         Hal penting dari Festival Chagu Chagu Umakko adalah kostum kuda yang berwarna-warni dan loncengnya yang berdentang di seluruh kota. Sejak dulu, masing-masing kostum dibuat dengan tangan dan sangat hati-hati. Konon setiap kostum memuat 700 lonceng dengan berat keseluruhan sekitar 60 kg. Suara lonceng mengalahkan kebisingan kota, dan parade 100 ekor kuda adalah pemandangan yang mengesankan untuk dilihat.

         Orang-orang dapat berbaur dengan para kuda di dua tempat isirahat yang ditentukan di sepanjang jalur parade. Pertama di tepi Sungai Nakatsu dan di Kuil Morioka Hachimingu, setelah mereka menyelesaikan parade. Selain itu juga diperbolehkan memberi makan kuda dengan wortel yang dijual disana. Namun, karena kuda sangat sensitif, diharapkan untuk tidak berdiri di belakangnya, membuat suara keras, atau menggunakan flash pada kamera.

         Terdapat berbagai suvenir Festival Chagu Chagu Umakko. Salah satunya adalah pin yang di desain dengan mengadaptasi karakter kanji “Uma” atau kuda. Selain itu, boneka chagu chagu umakko yang dibuat dengan tangan adalah jimat keberuntungan yang populer. Bentuknya lucu dengan kostum yang sama seperti kuda asli pada parade juga dilengkapi lonceng yang berbunyi.

         “Chagu chagu” adalah onomatope yang menggambarkan suara lonceng. Suara “chagu chagu” akan terdengar setiap kali kuda melangkah. Dari sanalah festival kuda ini mendapatkan namanya. Selain itu, kuda disebut dengan julukan “umakko” di daerah Morioka. Acara ini adalah festival yang unik dan khas bagi daerahnya, yang secara tradisional terkenal dengan kudanya.

Untuk Informasi mengenai sekolah, beasiswa, bekerja, dan wisata ke Jepang dapat menghubungi kami melalui website https://mislanguageschool.co.id/

Sumber               ; https://ohmatsuri.com/en/articles/iwate-chagu-chagu-umakko

Sumber Gambar ;  https://ohmatsuri.com/assets/uploads/reports/015_IwateChaguTop_2.jpg