Berwisata ke Sawah di Shiroyone Senmaida

Ditulis oleh: Administrator, 04-06-2021

            Shiroyone Senmaida, secara harfiah artinya 1000 sawah di Shiroyone, adalah sawah bertingkat yang indah terletak di Kota Shiroyone, 11 km di timur laut Kota Wajima. Sawah bertingkat terkenal di seluruh Asia Timur dimana penduduknya menyukai nasi, selalu menarik perhatian karena keindahannya yang memesona. Teknik pembuatan terasering di bidang pertanian membantu pemanfaatan lahan miring untuk bercocok tanam. Teknik ini digunakan di daerah perbukitan atau pegunungan dimana tanah datar jarang ditemukan. Khusus unutk tanaman padi, teknik terasering mempermudah petani untuk melakukan irigasi karena gravitasi di lereng. Di Shiroyone Senmanida, sawah dibanjiri setiap tahun pada bulan April, dan padi ditanam pada bulan Mei. Semua pekerjaan d bidang ini dilakukan oleh penduduk setempat dan relawan.

           Shiroyone Senmaida tidak kalah oleh wisata lainnya dalam hal keindahan. Dengan lokasi menghadap ke arah Laut Jepang, situs 1004 sawah ini telah menjadi salh satu tempat wisata terbesar. Faktanya, tempat ini telah ditetapkan sebagai “tempat khusus keindahan pemandagan” oleh pemerintah Jepang. Menghadap barat laut, sawah Shiroyone menjadi tempat yang cocok untuk menyaksikan matahari terbenam. Matahari terbenam yang dipantulkan lautan dan air di persawahan mengubah sawah menjadi layaknya lukisan indah yang besar.

           Waktu ideal untuk menyaksikan matahari terbenamadalah pada bulan April hingga Juli ketika sawah sedang dibanjiri. Pada musim gugur dan musim dingin, 21.000 lampu LED dipasang di sepanjang tepi masing-masing bidang. Lampu-lampu diisi oleh panel surya pada siang hari kemudian menyala pada malam hari. Hal ini membuat sawah tetap terlihat indah bahkan di musim dingin ketika tanahnya tidak tergenang air.

Untuk Informasi mengenai sekolah, beasiswa, bekerja, dan wisata ke Jepang dapat menghubungi kami melalui website https://mislanguageschool.co.id/

Sumber artikel: www.touristinjapan.com/shiroyone-senmaida-noto-terraced-rice-paddies/

Sumber gambar: jw-webmagazine.com/wp-content/uploads/2019/06/jw-5d15b954d948c9.44587033.jpeg