Situs Arkeologi Jomon, Situs Warisan Budaya Terbaru di Jepang

Ditulis oleh: Administrator, 11-06-2021

         Bagian kalian para pecinta sejarah Jepang, apakah kalian sudah mendengar tentang Situs Arkeologi Jomon? Situs itu terletak di Hokkaido dan daerah Tohoku bagian utara di mana terdiri dari 17 situs sejarah yang memberikan wawasan yang jelas tentang situasi kehidupan masyarakat di Zaman Jomon. Terdapat beberapa monument seperti lingkaran batu, batu-batu pemakaman yang menunjukkan aktivitas spiritual yang dilakukan oleh masyarakat saat Zaman Jomon.

         Orang-orang dari Zaman Jomon Sebagian besar adalah nelayan dan pemburu, namun mereka mendirikan pemukiman yang cukup besar. Zaman ini diberi nama Zaman Jomon sesuai dengan pola yang ditemukan pada tembikar kontemporer yang dibuat dengan menempelkan tali ke bejana.

         17 situs sejarah di tempat ini memiliki variasi yang cukup banyak, mulai dari museum dengan taman yang indah hingga beberapa peninggalan penggalian yang belum dikembangkan. Situs-situ yang banyak menarik para turis diantaranya adalah Situs Goshono yang terletak di Prefektur Aomori. Situs ini memiliki taman yang sangat luas dengan beberapa bangunan tempat tinggal yang telah dibangun kembali di sekitar pemakaman umum. Kemudian ada pula Situs Korekawa yang terletak di Kota Hachinohe yang memiliki museum yang sangat interaktif dan informatif karena di dalamnya memamerkan benda-benda yang digali dari sekitar situs tersebut. Bahkan beberapa diantaranya telah ditetapkan sebagai harta nasional. Selanjutnya adalah situs Oyu Stone Circles di mana kita bisa menemukan lingkaran batu yang menunjukkan kegiatan spiritual dari masyarakat di Zaman Jomon. Di sekitar lingkaran batu terdapat beberapa bangunan yang telah direkonstruksi dan juga terdapat museum yang informatif di dekat tempat tersebut.

         Bagi kalian yang menyukai sejarah Jepang, situs-situs ini menjadi tempat yang menarik untuk dikunjungi, lho!

Untuk Informasi mengenai sekolah, beasiswa, bekerja, dan wisata ke Jepang dapat menghubungi kami melalui website https://mislanguageschool.co.id/

Sumber:

https://www.japan-guide.com/news/0055.html

https://jomon-japan.jp/en/jomon-sites/

Sumber gambar:

https://i.ytimg.com/vi/lS2_014RZbE/maxresdefault.jpg

https://www.pref.akita.lg.jp/uploads/public/archive_0000056641_00/縄文遺跡群/大湯環状列石.JPG

https://s.eximg.jp/exnews/feed/FNN/FNN_187738_2bae_1.jpg