Furin: Lonceng Angin Musim Panas

Ditulis oleh: Administrator, 17-06-2021

        Ketika memasuki musim panas di Jepang, memasang Furin di rumah-rumah sudah menjadi tradisi yang dilakukan oleh orang Jepang terdahulu.  Apa itu Furin? Ya, Furin adalah lonceng angin yang dipasang di bawah atap rumah dan tempat tinggi lainnya. Furin memiliki tiga komponen yaitu mangkuk yang terdapat “lidah” di bagian dalamnya. "Lidah" ini merupakan komponen penghasil bunyi pada furin. Komponen terakhir adalah tanzaku yang merupakan kertas berbentuk persegi panjang yang menggantung di bawah "lidah" furin. Tanzaku adalah komponen penting dari furin untuk meningkatkan kesan "sejuk" pada bunyi furin. Angin adalah benda yang tidak dapat dilihat dengan mata. Nah, tanzaku ini akan memberitahu Anda keberadaan angin secara visual karena tanzaku bergerak saat terterpa angin. Dengan menyadari kehadiran angin, Anda akan merasakan kesejukan di tengah musim panas Jepang yang lembab dan panas. Saat diterpa angin, ketiga komponen ini bersinergi menghasilkan bunyi dengan nada yang indah.

        Sejak dahulu orang Jepang berpikir bahwa wabah penyakit datang bersama dengan angin yang kencang. Musim panas di Jepang bersuhu dan berkelembaban tinggi sehingga wabah penyakit cenderung mudah menyebar. Oleh karena itu, furin dipasang di rumah-rumah saat musim panas. Meskipun dipercaya sebagai jimat pelindung dari wabah penyakit, kini furin juga dinikmati keindahan bunyinya. Furin juga dianggap membantu untuk melewati panasnya cuaca di musim panas karena bunyinya dianggap mirip dengan suara "suzumushi", serangga yang berbunyi di musim gugur. Siapa pun yang mendengar bunyinya akan merasa sejuk.

Untuk Informasi mengenai sekolah, beasiswa, bekerja, dan wisata ke Jepang dapat menghubungi kami melalui website https://mislanguageschool.co.id/

Sumber:

https://matcha-jp.com/id/2487

Sumber gambar:

https://travelcom.com.tw/wp-content/uploads/2019/06/%E9%A2%A8%E9%88%B4%E6%B6%BC%E4%BA%AD%E5%BA%A7.jpg