Mengenal City Pop, Musik Pop Jepang Lawas yang Digandrungi Remaja

Ditulis oleh: Administrator, 25-06-2021

            Pada akhir 2020 lalu, lagu pop Jepang  dari tahun 1979 menempati tangga nomor satu dalam kategori lagu paling viral dari aplikasi musik bernama Spotify. Lagu tersebut berjudul “Mayonaka no Doa/ Stay With Me” yang dibawakan oleh Miki Matsubara. Lagu tersebut mengisahkan tentang kesedihan sang penyanyi yang ingin melanjutkan hubungan percintaan dengan kekasihnya. Lagu tersebut dibawakan dengan gitar dengan penuh irama, bunyi terompet yang unik, bersamaan dengan vokal sedih Miki Matsubara dengan gabungan lirik dalam bahasa Jepang dan bahasa Inggris. Kesuksesan dari lagu “Mayonaka no Doa/Stay With Me” mengenalkan pendengar lagu tersebut kepada kategori musik dengan sebutan  “City Pop”.

            City Pop adalah istilah yang mengacu kepada musik pop lawas Jepang pada tahun 1970 hingga 1980. City Pop terkenal di Jepang karena sebagian besar genre musik ini menggambarkan kehidupan perkotaan dan kemewahan yang terjadi sehari-hari. Selain itu, genre ini diperuntukkan bagi pendengar dewasa yang ingin mendengar musik pop dengan sentuhan modern yang pada saat itu dipengaruhi oleh gaya musik milik orang barat.

            Beberapa penyanyi terkenal yang membawakan genre “City Pop” adalah Tatsuro Yamashita, Mariya Takeuchi, Junko Ohashi, dan Kingo Hamada. Lagu yang dibawakan oleh penyanyi tersebut merupakan lagu yang sering direkomendasikan oleh aplikasi menonton video Youtube dan digunakan sebagai lagu latar belakang dalam aplikasi TikTok. Hingga kini, popularitas “City Pop” di internet tidak padam.

            Kepopuleran dari City Pop membawa turis dari luar Jepang untuk mendatangi distrik-distrik di Jepang. Salah satunya adalah distrik Shibuya. Dilansir oleh program TV Asahi bernama Nippon! Shisatsudan banyak turis berbondong-bondong mendatangi distrik Shibuya untuk membeli piringan hitam dan album fisik dengan genre “City Pop”. Turis-turis tersebut menyatakan bahwa membeli album fisik dari lagu genre “City Pop” adalah sesuatu yang keren dan unik.

Untuk Informasi mengenai sekolah, beasiswa, bekerja, dan wisata ke Jepang dapat menghubungi kami melalui website https://mislanguageschool.co.id/

Sumber:

https://pitchfork.com/features/article/the-endless-life-cycle-of-japanese-city-pop/

https://hai.grid.id/read/071857301/lebih-dekat-dengan-city-pop-genre-musik-lawas-yang-kembali-digandrungi-remaja

Sumber gambar:

https://www.arban-mag.com/wp-content/uploads/2019/02/d8c201523ac44aaa734acb74f307515c.jpg