Perbedaan Daging 'Wagyu' dan 'Kokusangyu'

Ditulis oleh: Administrator, 01-07-2021

         Kalian pasti sudah tidak asing lagi kan dengan daging wagyu? Namun, apakah kalian mengetahui bahwa terdapat 2 jenis daging sapi Jepang yaitu 'wagyu' dan 'kokusangyu' yang berasal dari sapi yang berbeda.

         Istilah 'wagyu' memang yang paling sering muncul ketika kita melihat di buku menu restoran-restoran bintang lima. 'Wa' dari 'wagyu' memiliki arti 'Jepang', sedangkan 'gyu' memiliki arti 'daging sapi'. Namun, menjadi sapi di Jepang tidak serta merta membuat hewan tersebut memenuhi syarat untuk status daging wagyu. Untuk mendapatkan label tersebut, sapi harus merupakan salah satu dari empat ras tradisional Jepang, yaitu Kuroge Wagyu (Black Hide), Akage Wagyu (Red Hide), Nihon Tankakushi (Japanese Shorthorn), atau Mukakuwashu (Japanese Polled Cattle).

         Varietas daging sapi paling terkenal di Jepang, Kobe dan Matsuzaka wagyu adalah bagian dari sapi Tajima yang merupakan turunan dari Kuroge Wagyu, sehingga kedua daging tersebut bisa disebut dengan daging wagyu.

         Lalu, apakah itu daging ‘kokusangyu’? Kokusangyu mengacu pada sapi yang dibesarkan dalam negeri, terlepas dari apakah itu termasuk dalam salah satu dari empat ras wagyu atau tidak. Contohnya, sapi jenis ‘holstein’ yang dibesarkan di Jepang adalah ‘kokusangyu’, tetapi bukan ‘wagyu’.

         Secara teknis, setiap wagyu yang dibesarkan di Jepang juga merupakan ‘kokusangyu’. Jadi, jika ‘wagyu’ merujuk pada istilah bagaimana sapi diternakkan, ‘kokusangyu’ mengindikasikan di mana wilayah sapi diternakkan. 

         Perlu diingat, jika ingin menikmati daging Jepang di sebuah restoran, label ‘kokusangyu’ tak jauh berbeda dari daging sapi lokal yang diproduksi di setiap negara, sehingga lebih baik untuk menanyakan terlebih dahulu.

Untuk Informasi mengenai sekolah, beasiswa, bekerja, dan wisata ke Jepang dapat menghubungi kami melalui website https://mislanguageschool.co.id/

Sumber:

https://japantoday.com/category/features/food/wagyu-vs-kokusangyu-the-difference-between-the-two-types-of-japanese-beef

https://food.detik.com/info-kuliner/d-3212703/ini-bedanya-wagyu-dan-kokusangyu-dua-jenis-daging-sapi-khas-jepang

Sumber gambar:

https://imgcp.aacdn.jp/img-a/1720/auto/global-aaj-front/article/2018/02/5a8f6e39c44ba_5a8f6b0c44f19_1300439408.jpg