Kawadoko, Cara Unik Menikmati Hidangan Musim Panas di Atas Sungai

Ditulis oleh: Administrator, 09-07-2021

           Ketika musim panas datang dan teriknya matahari mulai terasa, pergi ke tempat yang sejuk adalah solusinya. Gunung dan sungai biasanya menjadi tujuan utama untuk berlibur. Keindahan alam dapat menyejukkan jiwa dan raga sejenak. Selain wisata jalan-jalan, ternyata alam juga dapat menjadi tempat untuk menikmati hidangan. Misalnya, Kawadoko di Kibune, Kyoto.

           Kawadoko yang diartikan secara harfiah adalah “dasar sungai” merupakan sebuah tradisi untuk menikmati hidangan di atas sungai yang mengalir pada saat musim panas. Tradisi ini biasanya dilakukan pada bulan Mei hingga September. Kawadoko di Kibune memiliki suhu sekitar 23 derajat Celsius meskipun di bawah sinar matahari pada musim panas, 10 derajat lebih dingin daripada pusat Kota Kyoto. Aliran air yang bertingkat dan jarang ditemui di sungai-sungai Jepang dapat terlihat dari pinggir sungai. Mendengarkan suara aliran air dan sejuknya angin akan membawa perasaan tenang.

           Tradisi kawadoko sendiri telah dimulai sejak zaman Taisho (1912-1926). Konon, awal mula kawadoko adalah ketika orang-orang datang ke sungai untuk menenangkan diri dan di bangku kecil untuk membasuh kaki dan menikmati makanan dan teh. Gaya tradisional untuk duduk di atas sungai ini terus berlanjut hingga sekarang. Hidangan yang disajikan biasanya menggunakan produk musiman. Beberapa hidangan khas yaitu sukiyaki, shabu-shabu, belut, hingga ikan bakar. Disini juga dapat memesan hidangan satu set yang disebut kaiseki atau hidangan sederhana yang dimakan sebelum minum teh. Selain minum the, juga terdapat pilihan wine hingga sake dan shochu.

Untuk Informasi mengenai sekolah, beasiswa, bekerja, dan wisata ke Jepang dapat menghubungi kami melalui website https://mislanguageschool.co.id/

Sumber:

https://www.kibunesou.com/en/kawadoko/

Sumber gambar:

https://kibune-fujiya.securesite.jp/img/photo06.jpg