Jiko Bukken ~Solusi Nekat Menghadapi Mahalnya Tokyo~

Ditulis oleh: Administrator, 29-05-2018

Mencari tempat tinggal di Tokyo merupakan masalah paling umum yang dihadapi orang-orang asing maupun orang-orang yang datang dari prefektur lain ketika ingin bekerja atau melanjutkan studi di Tokyo. Kita semua sadar bahwa Tokyo merupakan salah satu kota dengan populasi terpadat di dunia sehingga biaya hidup di Tokyo menjadi sangat mahal. Bahkan untuk mencari tempat tinggal yang murah tampak seperti hal yang mustahil. Hal ini membuat fenomena net cafe refugee bahkan masalah homeless merupakan hal yang biasa di Tokyo. Namun, tetap saja ada solusi untuk masalah tersebut walaupun bisa dibilang sangat nekat. Mungkin orang-orang Jepang sendiri akan menganggap anda orang gila apabila tertarik untuk mencobanya. Solusi ini disebut dengan “Jiko Bukken” (事故物件) atau “Stigmatized Property”.

            Jiko Bukken dalam bahasa Indonesia bisa disebut dengan properti insiden. Maksudnya adalah properti yang dijual atau disewakan merupakan properti yang memiliki kondisi yang cukup unik misalnya :

  1. Pernah digunakan sebagai tempat bunuh diri atau pembunuhan dan kadang-kadang mayatnya tidak ditemukan
  2. Berada di dekat markas geng kriminal
  3. Didirikan di atas sumur
  4. Dulunya merupakan fasilitas seperti kuburan atau krematorium
  5. Dulunya properti milik sebuah cult (kepercayaan aliran sesat)
  6. Properti yang memiliki catatan kasus seperti kebocoran gas, kebakaran, banjir, dll yang menyebabkan korban tewas
  7. Properti yang catatan pemiliknya agak rancu dan terjadi pergantian kepemilikan berkali-kali dalam waktu singkat
  8. Terdapat makhluk-makhluk astral yang akan menemanimu tinggal di sana J

 

Jiko Bukken sendiri pada umumnya merupakan properti yang tidak akan ditawarkan kepada orang-orang yang datang untuk mencari tempat tinggal di Tokyo oleh agen real estate. Namun, apabila seseorang benar-benar stuck dan tidak bisa mendapatkan pilihan yang tepat, maka kemungkinan terakhir yang terjadi adalah pegawai real estate akan menawarkan jiko bukken apabila sang calon pembeli menanyakan “apakah ada properti yang sangat murah entah bagaimanapun keadaannya?”. Agen real estate sendiri tentunya tidak akan asal menawarkan jiko bukken terhadap calon pembeli. Mereka akan menjelaskan dengan detail segala hal seputar jiko bukken kemudian bertanya apakah calon pembeli sangat yakin dengan pilihan itu dan apakan ia akan siap menanggung resiko bila menempati jiko bukken tersebut. Jika calon pembeli siap, maka agen real estate akan dengan sangat senang membantu mencarikan jiko bukken yang cocok dengan kondisi ekonomi calon pembeli dan cocok dengan kebutuhan pembeli. Mengapa agen real estate juga senang apabila jiko bukken akhirnya laku? Karena pihak real estate sendiri juga menganggap jiko bukken adalah properti yang ingin segera mereka jual atau sewakan.

 

Untuk cerita pengalaman seputar bagaimana rasanya tinggal di jiko bukken pastilah bermacam-macam. Dari orang yang ketakutan hingga orang yang tenang-tenang saja menghadapinya. Pengalaman yang paling banyak dari menempati jiko bukken pastilah pengalaman melihat atau diganggu oleh makhluk astral yang menghuni tempat tersebut. Aapabila anda suka uji nyali, maka tinggal di jiko bukken bisa jadi solusi tepat untuk menghadapi mahalnya biaya hidup di Tokyo. Siapa tahu anda akan menemukan teman baru yang tidak bisa dilihat orang lain selama tinggal di sana.

Jika tertarik untuk mendaftar sekolah bahasa di Jepang, MIS dapat membantu segala prosedurnya. Silakan hubungi melalui website https://mislanguageschool.com atau datang langsung ke MIS.